Timnas Indonesia

3 Pesan Penting Erick Thohir ke Timnas U-17 Jelang Kick Off Piala Dunia U-17

Kamis, 26 Oktober 2023 21:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memperkenalkan Trophy World Cup U-17 kepada publik di Bunderan HI, Minggu (15/10/23).⁩ Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memperkenalkan Trophy World Cup U-17 kepada publik di Bunderan HI, Minggu (15/10/23).⁩

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menegaskan tiga poin penting untuk Timnas Indonesia U-17 jelang kick off Piala Dunia U-17 pada 10 November mendatang. Dia meminta skuad Garuda Asia tampil dengan percaya diri.

Seperti diketahui, Timnas U-17 baru saja menyelesaikan pemusatan latihan di Jerman. Mereka berlatih selama lima pekan dan jalani tujuh laga uji coba. 

Selama di Jerman, tim asuhan Bima Sakti menjalani tujuh laga uji coba. Hasilnya, dua kali menang, satu kali hasil imbang dan telan empat kekalahan.

“Ada tiga pesan yang saya sampaikan ke mereka, bahwa disiplin dalam bermain. Mereka sudah latihan dan saya rasa usia 17 tahun, kadang-kadang menerapkan formasinya kurang disiplin,” ucap Erick Thohir

“Kedua, bagaimana komunikasi di lapangan. Mereka harus banyak bicara di lapangan, saling mendukung. Ketiga sepak bola itu membuat gol, percuma menyerang 10 kali tapi enggak gol-gol, ada yang nyerang 3 kali tapi gol,” tambahnya.

Timnas U-17 kalah dari TSV Meerbusch U-17 (0-1), Eintracht Frankfurt U-19 (0-3), FSV Mainz 05 U-19 (0-3), FC Koln U-17 (2-3). Lalu imbang kontra SV Meppen U-17 (1-1) dan menang atas SC Paderborn Youth (1-0) serta VFL Osnabrueck U-19 (2-1). 

“Saya sampaikan ke mereka, 'Menangislah kalian di Jerman dalam berlatih dan bertanding, mempersiapkan diri dengan kedisiplinan menangis’, daripada mereka menangis ketika mimpi mereka tidak bisa mencapai sesuatu yang maksimal,” ujar Erick Thohir.

“Jadi saya berharap, karena masih ada persiapan, official, coach Bima, kami dukung penuh. Didampingi Coach Frank, konsultan dari Jerman dan Indra Sjafri terus dorong persiapan, sebab mereka ingin lolos dari grup dan ini target yang disampaikan oleh anak-anaknya, bukan PSSI,” lanjutnya.

Timnas U-17 tergabung di Grup A Piala Dunia U-17 2023. Mereka akan bersaing dengan Ekuador, Maroko, dan Panama. 

Laga perdana Timnas U-17 akan dimulai hari 10 November, pukul 19.00 WIB melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.