Liga 1

Klarifikasi Rachmat Irianto Soal Candaan Isu Rizky Ridho ke Persib Bandung

Jumat, 27 Oktober 2023 09:31 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho mendapat pengawalan ketat pemain Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho mendapat pengawalan ketat pemain Turkmenistan pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/09/23).

INDOSPORT.COM - Rachmat Irianto memberikan klarifikasi terkait candaannya di media sosial Instagram, sehingga menjadi isu Rizky Ridho akan pindah ke tim Persib Bandung.

Menurut Rian sapaan akrabnya, unggahannya tersebut merupakan candaan untuk menghibur Rizky Ridho yang baru mendapatkan kartu merah pada pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi RANS Nusantara FC.

Sehingga, unggahannya tersebut dipastikan bukan kode pemain Persija Jakarta tersebut bakal bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh.

Lebih lanjut mantan pemain Persebaya Surabaya ini menuturkan, sudah sering bercanda dengan Rizky Ridho ketika sama-sama di Timnas Indonesia. Bahkan, keduanya juga dalam beberapa kesempatan di skuad Garuda selalu satu kamar.

"Nggak. Itu cuma bercanda saja. Emang momennya Rizky Ridho lagi kartu merah jadi suka bercanda. Jadi, banyak yang kepanasan gara-gara Rizky Ridho. Itu bercanda saja," kata Rachmat Irianto.

"Saya sering itu sekamar sama Rizky Ridho di timnas. Jadi sering bercanda.Teman-teman media sosial dan netizen jangan dianggap beneran. Bercanda," jelasnya.

Persib sendiri saat ini belum mengambil keputusan, mengenai rencana penambahan pemain untuk mengarungi putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024. Pasalnya, skuad Maung Bandung fokus menyelesaikan putaran pertama.

Pada pertandingan pamungkas putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, tim kebanggaan Bobotoh akan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (28/10/23).

Pada pertandingan tersebut, Persib akan berusaha untuk mengamankan poin penuh, untuk menjaga peluang berada di tiga besar pada akhir putaran pertama.

Pasalnya, saat ini Persib berada di peringkat keempat dengan mengumpulkan 28 poin, sedangkan posisi tiga ditempati oleh RANS Nusantara FC dengan 29 poin.

Sehingga, jika Persib berhasil meraih kemenangan pada pertandingan pamungkas putaran pertama, maka skuad Maung Bandung berpeluang untuk menggeser posisi RANS Nusantara FC.

Selain itu, kemenangan dibutuhkan oleh David da Silva dan kawan-kawan untuk melanjutkan tren positif di kompetisi Liga 1 2023-2024. Sebagai informasi, Persib dalam sembilan pertandingan terakhir tidak terkalahkan.

"Jelas kami ingin tiga poin untuk menjaga tren tanpa kekalahan. Jadi tiga poin harus kita dapatkan," tegas Rian menuturkan.

Sebelumnya, pada pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Borneo FC di stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (21/10/23), Rian tidak tampil karena mendapatkan akumulasi kartu kuning. 

Meski absen pada pertandingan tersebut, Rian menegaskan tetap menjaga kondisinya agar tetap bugar, sehingga saat disiapkan untuk menghadapi laga selanjutnya dia sudah dalam keadaan siap bertanding.

"Tentu kondisi fisik saya jaga sendiri karena di rumah saya tidak berlatih dengan tim, saya berlatih sendiri di rumah. Jadi sama keadaannya," ungkap Rian.

Sementara itu, Persib dipastikan tidak akan diperkuat oleh bek andalannya, Nick Kuipers, pada pertandingan pekan ke-17 Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (28/10/23).

Menurut pelatih Persib, Bojan Hodak, pemain asal Belanda tersebut tidak bisa tampil di pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi PSS Sleman, karena mendapat akumulasi kartu kuning.

Meski demikian, Bojan Hodak sudah mengantisipasi absennya Nick Kuipers pada pertandingan tersebut. Pasalnya Rachmat Irianto dan kolega  masih memiliki pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

"Satu nama yang dipastikan absen adalah Nick karena akumulasi kartu kuning. Sisanya dalam kondisi yang bagus," kata Bojan Hodak.