In-depth

4 Alasan Erling Haaland Layak Menangi Ballon d’Or 2023 ketimbang Lionel Messi

Sabtu, 28 Oktober 2023 05:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Phil Noble
Setidaknya ada empat alasan mengapa Erling Haaland lebih layak memenangi Ballon d’Or 2023 ketimbang Lionel Messi. Copyright: © REUTERS/Phil Noble
Setidaknya ada empat alasan mengapa Erling Haaland lebih layak memenangi Ballon d’Or 2023 ketimbang Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Setidaknya ada empat alasan mengapa Erling Haaland lebih layak memenangi Ballon d’Or 2023 ketimbang Lionel Messi.

Nama Lionel Messi memang santer dikabarkan akan memenangi Ballon d’Or 2023 yang akan menjadi Ballon d’Or ke-8 sepanjang kariernya.

Hal ini membuat banyak pihak menyebut justru Erling Haaland lah yang lebih layak ketimbang pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Tak pelak perdebatan pun terjadi. Banyak yang menyebut bahwa Messi lebih layak ketimbang Haaland dalam memenangkan penghargaan individu tertinggi di sepak bola ini.

Apalagi dengan fakta bahwa Messi baru saja membawa Argentina menjadi juara sekaligus dirinya ditahbiskan sebagai pemain terbaik Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, Haaland juga dianggap layak. Terlebih jika melihat empat alasan yang dirangkum oleh tim INDOSPORT berikut ini.

1. Jumlah Gol

Sebagaimana diketahui, dalam beberapa edisi terakhir Ballon d’Or, jumlah gol seorang pemain selalu menjadi pertimbangan utama untuk membuat pemain dilabeli sebagai pemain terbaik.

Jika indikator yang digunakan adalah jumlah gol, maka Haaland lebih layak memenangkan Ballon d’Or 2023 ketimbang Messi.

Pasalnya penyerang asal Norwegia itu mencetak 52 gol dari 53 penampilan di musim 2022/2023 dan mencetak rekor pencetak gol terbanyak dalam semusim di musim perdananya di Liga Inggris.

Di samping itu, Haaland juga mampu mengungguli Messi di Liga Champions dengan menjadi top skor turnamen pada musim 2022/2023 lalu dengan 12 gol.