In-depth

Mewahnya Bek Timnas Indonesia Bersama Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On

Sabtu, 28 Oktober 2023 17:27 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM – Lini belakang Timnas Indonesia bakal punya barisan bek mewah dengan harga fantastis andai proses naturalisasi Kevin Diks, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On rampung dilakukan.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal penambahan pemain keturunan dalam skuat Timnas Indonesia memang sedang ramai diperbincangkan.

Dua nama yang sebelumnya jadi sorotan adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Keduanya telah mengunjungi Indonesia, bahkan Nathan sempat menyaksikan langsung laga skuat Garuda.

Sementara sosok Kevin Diks mulai kembali disinggung setelah pengamat sepak bola Tanah Air, Ronny Pangemanan menyebut bintang FC Copenhagen itu akan mengikuti Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A untuk mengikuti proses naturalisasi.

PSSI memang sempat berusaha membujuk Kevin Diks untuk berseragam Timnas Indonesia tahun 2022 lalu, akan tetapi pihak keluarga sang pemain masih belum memberikan izin.

Jika melihat dari segi kualitas dan trek rekor permainan, ketiga calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia ini punya catatan yang sangat fantastis.

Jay Idzes misalnya, bek berusia 21 tahun ini merupakan pilar penting Venezia dan telah tampil sebanyak 10 pertandingan di Serie B.

Berbekal postur tubuh 191 cm miliknya, Jay Idzes sukses menjaga pertahanan Venezia tak kebobolan sebanyak empat pertandingan.

Lain halnya dengan Nathan Tjoe-A-On. Bek serba bisa kelahiran Rotterdam ini merupakan pilar penting Excelsior dan mampu torehkan 29 pertandingan di Eredivisie musim lalu.

Terakhir ada Kevin Diks, bek keturunan Maluku ini jadi sosok sentral di lini pertahanan Copenhagen dan tak pernah absen membela timnas di tiga laga awal Liga Champions musim ini.

Selain profil yang mentereng, ketiga pemain keturunan di atas juga punya market value mahal. Kehadiran mereka di Timnas Indonesia pun bakal membuat skuat Garuda punya barisan bek berharga fantastis.