Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Resmi Gabung Klub Korea Selatan, Tinggalkan Timnas Indonesia?

Sabtu, 28 Oktober 2023 15:32 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi bergabung klub kasta kedua liga Korea Selatan (K League 2), Seongnam FC, apakah ini jadi sinyal sang pelatih meninggalkan Timnas Indonesia? Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi bergabung klub kasta kedua liga Korea Selatan (K League 2), Seongnam FC, apakah ini jadi sinyal sang pelatih meninggalkan Timnas Indonesia?

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong secara mengejutkan resmi bergabung dengan klub kasta kedua liga Korea Selatan (K League 2), Seongnam FC. Apakah ini jadi sinyal sang pelatih bakal meninggalkan Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong diketahui bergabung dengan Seongnam FC untuk menduduki jabatan penting yakni sebagai Komite Penasihat Klub di bidang manajemen pemain dan klub.

Melansir dari Newsis, Seongnam FC juga menggelar upacara pelantikan Shin Tae-yong untuk jabatan barunya tersebut di markas klub pada Jumat (27/28/23).

Terlihat, Shin Tae-yong berfoto bersama walikota Seongnam sekaligus pemilik klub, Shin Sang-jin, memegang dokumen resmi penunjukkan untuk tugas barunya di Seongnam FC.

Bergabungnya Shin Tae-yong  dengan Seongnam FC ini pun sejatinya tak lepas dari statusnya sebagai legenda dan juga mantan manajer yang penuh kesuksesan di klub Korea Selatan ini.

Jadi bisa dikatakan, ketersediaannya menerima jabatan ini adalah sebagai balas budi atas kesuksesannya di masa lalu sekaligus wadah untuk memberi bantuan praktis dalam hal manajemen.

“Saya selalu memikirkan Seongnam FC sejak masa saya di Seongnam Ilhwa, dan saya berterima kasih kepada pemilik klub karena mengizinkan saya membantu klub. Saya akan memberikan saran yang akan membantu praktis dalam manajemen dari para pemain klub,” ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong memang pernah membawa Seongnam menuju masa kejayaan di sepak bola. Dari 1992 hingga 2004, dia bermain untuk Seongnam dalam tiga nama berbeda Ilhwa Chunma, Cheonan Ilhwa, dan Seongnam Ilhwa.

Sebagai seorang gelandang, dia pernah mengukir torehan 99 gol dan 68 assist dalam 401 pertandingan. Pada 2003, dia jadi pemain K League pertama yang mencatat 60 gol dan 60 assist, dan jadi pemain K League pertama yang mencatat 400 pertandingan.

Ia pun sukses menjadi pelatih kepala di Seongnam. Melatih Seongnam sejak 2009, ia memenangkan Piala AFC pada tahun 2010. Lantas, apakah Shin Tae-yong bakal meninggalkan Timnas Indonesia?