In-depth

3 Pemain AC Milan yang Performanya Mulai Menurun Belakangan Ini

Minggu, 29 Oktober 2023 15:16 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Theo Hernandez (kanan) dan Rafael Leao tertunduk lesu selesai babak pertama derby Inter Milan vs AC Milan, Sabtu (15/09/23). Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Theo Hernandez (kanan) dan Rafael Leao tertunduk lesu selesai babak pertama derby Inter Milan vs AC Milan, Sabtu (15/09/23).

INDOSPORT.COM - Performa menurun sejumlah pemain andalan klub Liga Italia, AC Milan berdampak serius terhadap hasil tim di lapangan. Siapa saja yang mulai alami penurunan?

AC Milan akan kembali menghadapi tim kuat lagi di lanjutan Liga Italia pekan ke-10 melawan Napoli di Stadion Diego Armando Maradona, pada Senin (30/10/23) dinihari WIB.

AC Milan datang dengan kepercayaan diri yang terganggu, menyusul buruknya performa mereka dalam beberapa laga terakhir khususnya saat melawan tim-tim selevel kekuatannya.

Dua pertandingan terakhir misalnya, Rossoneri tumbang beruntun melawan Juventus dan Paris Saint-Germain. AC Milan kalah 0-1 dari Juventus di Liga Italia, lalu dibantai 3-0 oleh PSG di Liga Champions.

Sebelumnya AC Milan juga tidak bisa menang melawan Inter Milan di Liga Italia (kalah 1-5) dan Borussia Dortmund di Liga Champions (0-0).

Sebaliknya jika menghadapi tim-tim dengan kekuatan yang berada satu level di bawahnya, mereka mampu meraih kemenangan seperti saat menantang Genoa (1-0), Lazio (2-0), hingga Cagliari (3-1).

Alhasil posisi AC Milan di klasemen kompetisi domestik dan juga Eropa juga berpengaruh. Mereka saat ini berada di peringkat ke-3 dengan koleksi 21 poin, dan karam di dasar Grup F Liga Champions dengan 2 poin.

Hasil buruk yang dialami oleh AC Milan itu, tidak lepas dari faktor penurunan peforma sejumlah pemain andalan yang selalu masuk dalam starter, tak bisa memberikan kontribusi besar. Siapa saja mereka?

Theo Hernandez

Musim lalu, Theo Hernandez tampil sangat apik di sisi kiri pertahanan AC Milan. Ia kerap menciptakan peluang saat melakukan overlap membantu serangan tim.

Tak jarang juga Theo Hernandez malah mencetak gol. Ketajamannya itu dibuktikan dengan torehan 4 gol dan 5 assist musim lalu di semua kompetisi.

Tetapi musim ini terutama dalam beberapa laga belakangan, ia mulai mengalami inkonsistensi penampilan. Musim ini, Theo Hernandez baru saja mencatat sepuluh penampilan untuk AC Milan dan hanya berhasil mencetak satu gol.

Yang lebih mencolok, dia tampak kesulitan dalam mengembangkan peran serangannya seperti biasanya.

“Menurut pendapat saya, kami sedang mengembangkan fase serangan yang sedikit berbeda di sisi kiri, sehingga Theo seharusnya tidak terlalu bersemangat bergerak ke sayap,” ungkap Stefano Pioli dilansir dari Milannews.

"Theo adalah salah satu pemain yang bisa membantu kami mencapai level itu,” tambahnya.