In-depth

Deretan Rekor Ngeri Pep Guardiola di Derby Manchester, Man United Sudah Kalah Sebelum Bertanding?

Minggu, 29 Oktober 2023 16:16 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Chris Brunskill/GettyImages
Derby Manchester yang pertemukan Manchester United dan Manchester City akan ramaikan gelaran pekan 10 Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB. Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Derby Manchester yang pertemukan Manchester United dan Manchester City akan ramaikan gelaran pekan 10 Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Derby Manchester yang pertemukan Manchester United dan Manchester City akan ramaikan gelaran pekan 10 Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB.

Meski bermain di kandang sendiri dan mampu menenangkan tiga pertandingan lintas ajang mereka, The Red Devils masih jadi underdog di hadapan The Citizens asuhan Pep Guardiola.

Benar jika musim ini Manchester City belum bisa mereplika konsistensi musim lalu dimana mereka meraih treble winners namun tetap saja Erling Haaland dan kawan-kawan adalah tim terbaik dunia.

Sekalipun belum lama ini mereka tumbang di tangan Arsenal dan Wolverhampton Wanderers, Manchester City masih akan tetap jadi favorit ketimbang Manchester United.

Apalagi Manchester Biru punya Guardiola. Sosok yang seakan terlahir untuk mendominasi Manchester Merah di Derby Manchester.

Sejak kedatangannya ke Liga Inggris pada 2016/2017 silam, Guardiola menjelma jadi mimpi buruk Manchester United dan berikut sejumlah rekor mengerikannya di Derby Manchester.

1. Raja Old Trafford

Menang di Old Trafford adalah sesuatu yang sulit bagi lawan Manchester United namun sepertinya tidak demikian bagi Pep Guardiola.

Tujuh kali sudah ia memimpin Manchester City menyambangi Teater Impian namun sejauh ini sudah pulang dengan empat kemenangan khusus di Liga Inggris.

Artinya Guardiola punya rasio kemenangan 57% di Old Trafford yang mana belum ada manajer lain yang bisa melebihinya.

Bahkan tidak ada yang bisa menyentuh 50% dengan setidaknya lima kali lawatan.

Opta mencatat jika rata-rata Manchester City bisa mendulang 1,86 poin setiap tandang ke Manchester United sejak diasuh Guardiola.

Ini menjadikan Old Trafford sebagai ladang poin away favorit mereka di antara rival Big 6 di bawah Arsenal, dimana ada 2,38 poin yang bisa dipanen tiap berkunjung ke Emirates Stadium.