In-depth

12 Bintang Naturalisasi yang Bantu Thailand Rajai ASEAN: Full Jebolan Eropa

Senin, 30 Oktober 2023 15:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© affsuzukicup
Selebrasi pemain Thailand melawan Vietnam Copyright: © affsuzukicup
Selebrasi pemain Thailand melawan Vietnam

INDOSPORT.COM – Intip deretan pemain naturalisasi yang pernah serta masih memperkuat Timnas Thailand sampai sekarang dan membantu mereka menjuarai Piala AFF dalam beberapa edisi terakhir.

Dalam sejarahnya, Timnas Thailand memang dikenal sebagai salah satu tim yang paling tangguh di kawasan ASEAN dan sering kali sulitkan skuat Garuda saat kedua tim bertemu.

Berbicara soal prestasi, Thailand sampai saat ini masih berstatus sebagai pemegang gelar juara Piala AFF terbanyak dengan 7 trofi.

Angka tersebut mengungguli Singapura yang baru torehkan empat gelar pada tahun 1998, 2004, 2007 serta 2012.

Selain di kawasan ASEAN, penampilan Thailand pada level Asia pun layak diacungi jempol lantaran mereka sudah 7 kali mentas di Piala Asia.

Thailand bahkan sempat finish di peringkat tiga pada Piala Asia 1972 silam, serta lolos babak 16 besar di Piala Asia 2019 lalu.

Dianggap punya materi pemain lokal yang tangguh, namun ternyata Timnas Thailand sempat diperkuat beberapa bintang naturalisasi untuk membantu mereka juara.

Sampai saat ini, tercatat ada 12 pemain naturalisasi yang pernah dan masih menjadi bagian dalam skuat Timnas Thailand.

Lantas siapa sajakah mereka? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Jamie Waite
Nama pertama adalah Jamie Waite. Jika dilihat dari tanggal bergabungnya, kemungkinan besar pemain kelahiran Plymouth, Inggris ini adalah era naturalisasi pertama di Timnas Thailand.

Tercatat, jebolan akademi Fulham ini melakukan debut buat Timnas Thailand pada 2002 silam saat usianya masih 15 tahun.

Meski lahir di Inggris, namun Jamie Waite punya garis keturunan Thailand dari sang Ibu dan membuatnya bisa memperkuat skuat Changsuek.