In-depth

Termasuk Ten Hag dan Rashford, 4 Pesakitan Manchester United di Pembantaian Derby Manchester

Senin, 30 Oktober 2023 16:41 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Molly Darlington
Manchester United kembali membumi setelah digebuk Manchester City 0-3 dalam lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB. (Foto: REUTERS/Molly Darlington) Copyright: © REUTERS/Molly Darlington
Manchester United kembali membumi setelah digebuk Manchester City 0-3 dalam lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Manchester United kembali membumi setelah digebuk Manchester City 0-3 dalam lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2023/2024, Minggu (29/10/23) malam WIB.

The Red Devils seolah diingatkan jika tiga kemenangan lintas ajang yang mereka raih sebelum berjumpa dengan sang tetangga sama sekali tidak meyakinkan dan tidak menunjukkan jika level sepadan dengan The Citizens belumlah dicapai.

Bermain di depan publik sendiri yang memadati 75.000 tempat duduk Old Trafford, Manchester United seolah lupa caranya bermain sepakbola.

Manchester City benar-benar menggurui mereka dengan 60% lebih penguasaan bola. 21 percobaan tembakan anak-anak asuh Pep Guardiola juga tiga kali lipat lebih banyak dari yang dilepas tim tuan rumah.

Bagi Guardiola, kemenangan ini semakin mengukuhkan jika ia adalah tuan dari Old Trafford yang sebenarnya.

Sudah tujuh kali pelatih asal Spanyol itu mengantarkan Manchester City meraih tripoin di Teater Impian. Hanya markas Arsenal, Emirates Stadium, yang jadi tempat pesta away-nya lebih sering dengan delapan kali.

Benar jika memang Manchester City sejak awal sudah diunggulkan mengingat kualitas mereka jauh lebih baik dan juga memegang status juara bertahan sedangkan Manchester United masih dalam proses rebuild bersama Erik ten Hag namun tidak seharusnya Setan Merah bermain sedemikian memalukan.

Apalagi harusnya pertandingan ini jadi tribut untuk Sir Bobby Charlton, legenda terbesar mereka, yang baru meninggal pada 21 Oktober 2023 lalu.

Terlalu banyak kambing hitam yang bisa ditunjuk dari Manchester United malam tadi dan berikut adalah empat di antaranya.

1. Marcus Rashford

Diharapkan bisa jadi ancaman terbesar bagi pertahanan Manchester City, Marcus Rashford justru nyaman 'dikantongi' oleh Kyle Walker di sayap kiri sebelum digantikan oleh Anthony Martial empat menit jelang waktu normal usai.

Erik ten Hag tidak punya opsi lain selain merampungkan permainan sang nomor 10 karena displaynya memang memalukan. Satu-satunya tembakan Rashford tidak tepat sasaran. Usahanya berkreasi juga tidak tampak dengan hanya satu kali dribel sukses dari lima percobaan.

Ia tidak bisa lagi sembunyi setelah apa yang ditunjukkan di Derby Manchester kali ini. Tidak dengan catatan satu golnya dari 13 penampilan di Liga Inggris dan Liga Champions 2023/2024.