In-depth

Mengintip Potensi AC Milan Lepas Rafael Leao, Dipaksa Keluar?

Sabtu, 4 November 2023 19:22 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Daniele Mascolo
Pemain AC Milan, Rafael Leao saat melindungi bola dari rebutan pemain Newcastle United di Liga Champions. Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
Pemain AC Milan, Rafael Leao saat melindungi bola dari rebutan pemain Newcastle United di Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan berpeluang untuk melepas Rafael Leao pada bursa transfer musim dingin atau musim panas nanti. 

Salah satu bintang AC Milan, Rafael Leao, saat ini tengah menjadi sorotan akibat penurunan performanya dalam beberapa pertandingan terakhir di semua kompetisi terutama di Serie A.

Padahal musim lalu, ia jadi andalan dalam urusan mencetak gol disaat lini depan yang dihuni Olivier Giroud mengalami paceklik. Winger asal Portugal itu bisa membuat 16 gol dan 15 assist dari 48 pertandingan di semua ajang.

Sementara di musim ini, ia baru membuat 3 gol dan 4 assist dari 13 pertandingan di semua kompetisi. Sampai kini, ia masih kesulitan memutus tren negatif penampilannya.

Sudah lebih dari sebulan sejak dia mencetak gol terakhirnya pada 23 September ketika mencetak gol penentu kemenangan melawan Hellas Verona.

Ini adalah periode yang panjang tanpa kontribusi gol dari Leao. Ketika Milan mengalahkan Lazio tujuh hari setelah golnya melawan Hellas Verona, banyak yang melihatnya sebagai penampilan positif terakhirnya.

Ada sesuatu yang berubah dalam permainannya dibandingkan dengan awal musim ini dan musim lalu. Alhasil, Stefano Pioli pun mulai kehilangan kepercayaan terhadap Leao untuk mengisi sektor winger kiri.

Saat melawan Napoli, ia diberi rating 6,7 oleh Whoscored karena tak memberikan dampak besar terhadap lini serang, berbanding terbalik dengan sektor kanan yang diisi oleh Christian Pulisic.

Winger asal Amerika Serikat itu membuat 1 assist dan mendapat rating penampilan 7,6. Leao sendiri akhirnya ditarik keluar di menit ke-80 digantikan oleh Luka Jovic.

Contoh nyata perbandingan penampilan Rafael Leao di AC Milan terlihat saat melawan Torino dan PSG.

Perbedaan kinerja Leao dalam pertandingan melawan PSG dan kemenangan 4-1 atas Torino, terlihat bahwa pengaruhnya berfluktuasi.