Liga 1

Anomali Persib Bakal Didukung Ribuan Bobotoh di Kandang, Tambahan Motivasi atau Beban?

Minggu, 5 November 2023 18:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib merayakan gol pembuka kemenangan atas PSS di menit 3, pada pekan ke-17 Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (28/10/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain Persib merayakan gol pembuka kemenangan atas PSS di menit 3, pada pekan ke-17 Liga 1 2023-2024 di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (28/10/23).

INDOSPORT.COM - Pertandingan kandang perdana Persib Bandung pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Arema FC, Rabu (08/11/23), dipastikan bakal dihadiri ribuan Bobotoh.

Pasalnya, komunitas Bobotoh yang sebelumnya sempat menepi dari laga kandang Persib pada putaran pertama, di antaranya Viking Persib Club (VPC), dipastikan bakal kembali ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Meskipun, tuntutan mereka selama menepi kepada manajemen Persib tidak terpenuhi, tetapi kelompok suporter Bobotoh ini memutuskan untuk kembali ke stadion pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Viking bersama komunitas Bobotoh lainnya, sebelumnya memberikan waktu kepada manajemen Persib untuk duduk bersama dan diskusi, menyelesaikan keluhan dan mencari solusi. 

Namun, hingga berakhirnya putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, manajemen Persib tidak menanggapi keinginan dari Viking dan komunitas Bobotoh tersebut. 

Viking dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Jumat (04/11/23), menilai manajemen Persib tidak ingin berjalan bersama dan tak ingin mencari solusi terkait keluhan dari komunitas Bobotoh.

Terkait kembalinya komunitas Bobotoh ke Stadion GBLA pada pertandingan kandang nanti, apakah akan menjadi motivasi atau beban bagi tim Persib.

Pasalnya, pada putaran pertama kompetisi Liga 1 2023-2024, mayoritas pertandingan kandang Persib di Stadion GBLA selalu sepi, dampak dari menepinya komunitas Bobotoh.

Jadi Motivasi atau Beban?

Terkait kembalinya komunitas Bobotoh ke Stadion pada pertandingan kandang putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024, pelatih dan pemain Persib memberikan tanggapan.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, menilai positif kembalinya komunitas Bobotoh ke Stadion pada pertandingan kandang Liga 1 2023-2024. Pasalnya, kehadiran mereka bakal membuat atmosfer laga menjadi berbeda dan menambah motivasi pasukannya.

"Ya bagus, di laga sebelumnya juga atmosfernya fantastis, saya berharap di setiap pertandingannya bisa terus bertambah," kata Bojan Hodak.

Lebih lanjut Bojan Hodak menuturkan, kondisi Stadion GBLA yang dipadati oleh Bobotoh pasti bakal memengaruhi lawan, karena mereka bakal merasakan tekanan dari suporter tuan rumah.

Sehingga, pelatih asal Kroasia ini merasa senang dengan kembalinya komunitas Bobotoh pada pertandingan kandang putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024 dan tidak menganggap itu sebagai beban.

"Karena bisa dilihat siapa pun yang datang ke sini tidak mudah untuk bermain di Bandung dan ketika suporter makin banyak maka akan makin menyulitkan bagi lawan," tegasnya.

Selain Bojan Hodak, gelandang Persib, Marc Klok, mengaku senang dengan kembalinya komunitas Bobotoh ke Stadion, karena kondisi laga kandang yang dipadati oleh suporter sudah sangat dinantikan olehnya.

Pasalnya, selama putaran pertama kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 mayoritas pertandingan kandang Persib tidak dipadati oleh Bobotoh. Sehingga, pemain merasakan hal yang berbeda.

"Akhirnya ya, untuk Bobotoh sendiri, untuk pemain dan untuk manajemen, saya senang. Semua tahu situasi sebelumnya, apapun yang terjadi kemarin, sekarang saya sangat senang mereka kembali," ungkap Marc Klok.

"Semoga mereka senang, mendukung kami tanpa kekacauan dan tidak ada hal buruk terjadi. Kami harus memastikan Bobotoh tetap bersama kami hingga akhir, karena kami butuh mereka," ucapnya menambahkan.

Bobotoh Tak Bisa Dipisahkan dari Persib

Lebih lanjut Marc Klok mengatakan, Bobotoh tidak dapat dipisahkan dari Persib Bandung di Liga 1. Sehingga, pemain Timnas Indonesia ini merayakan kemenangan bersama, apalagi penampilan skuad Maung Bandung saat ini sedang meningkat.

"Ini adalah hal kolektif, kami menang bersama dan kalah juga bersama. Sekarang kami sedang dalam tren kemenangan, jadi ayo merayakan kemenangan ini bersama-sama," kata Marc Klok.