Liga 1

3 Faktor Mengapa Persik Kediri Layak Optimis Menyapu Poin Saat Derby Jatim Liga 1

Senin, 6 November 2023 19:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Selebrasi para pemain Persik Kediri usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23). Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi para pemain Persik Kediri usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri harus kembali menata fokusnya jelang menjalani Derby Jatim menjamu Madura United pada pekan ke-19 Liga 1 2023/2024.

Kekalahan menyakitkan Persik Kediri dengan skor 0-3 di markas Borneo FC (2/11/23) sudah harus dilupakan. Kini, mereka fokus lagi menjamu lawan di Stadion Brawijaya, Rabu (8/11/23).

Marcelo Rospide menilai tim asuhannya layak optimis untuk menyapu bersih 3 poin dalam derby menjamu tim berjulukan Laskar Sape Kerrab nanti.

Performa Flavio Silva dkk disebutnya sudah cukup baik ketika dikalahkan Borneo FC. Modal itulah yang ingin ditingkatkan saat menjamu Madura United.

"Pemain tampil fight untuk mengejar ketertinggalan. Ini hal yang bagus sebagai modal kami untuk laga selanjutnya," bilang Pelatih Persik Kediri asal Brasil tersebut.

Anderson Nascimento juga menyerukan tekad serupa. Ditambah lagi, laga menjamu Madura United merupakan derby yang memberi gengsi tersendiri.

Maka dari itu, bek kebangsaan Brasil berharap rekan setimnya menampilkan semangat juang yang tinggi seperti ketika dikalahkan Borneo FC lalu.

"Kami punya peluang yang sama, 50-50. Tapi yang membedakan adalah penciptaan gol lawan (Borneo)," ungkap Anderson.

"Laga selanjutnya kami tampil lagi di home. Sangat penting bagi kami untuk bekerja keras lagi meraih kemenangan," tambah dia.

Sejauh ini, persiapan Persik berjalan maksimal. Lantas, apa faktor yang membuat tim berjulukan Macan Putih itu layak optimis menyapu 3 poin atas Madura United?

Amunisi Baru

Persik Kediri berpeluang menampilkan amunisi barunya saat Derby Jatim menjamu Madura United di Stadion Brawijaya Kediri, Rabu (8/11/23).

Miswar Saputra kemungkinan besar bisa diturunkan untuk pertama kalinya sejak menjadi rekrutan anyar Tim Macan Putih dalam bursa transfer Liga 1 periode kedua.

Sejauh ini, Persik memang baru mendatangkan kiper yang pernah membela Persebaya dan Madura United itu. Sedangkan Rendy Juliansyah jadi pemain yang dipinjamkan ke Persita Tangerang.

Tambahan amunisi lainnya adalah Renan Silva. Winger kebangsaan Brasil ini hampir pasti kembali tampil setelah 2 kali absen karena cedera.

Perkembangan cedera Jefinho juga semakin baik. Striker asal Brasil yang terancam dicoret itu malah tampak kembali mengikuti program latihan di Kediri.

Performa Tim

Persik Kediri lebih diunggulkan menang karena berada dalam performa yang naik daun. Kendati pada laga terakhir, mereka takluk 0-3 di tangan Borneo FC.

Namun sebelum itu, Tim Macan Putih sempat menjadi tim tal terkalahkan dalam 5 laga terakhir. Anak asuh Marcelo Rospide meraih 11 poin dari 3 kemenangan.

Sedangkan Madura United sedang dalam tren negatif. Tercatat sudah 3 laga tak mampu mereka menangkan, meraih 1 poin dari 1 kali imbang dan 2 kali kalah.