Piala Dunia

Jelang Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir: Pentas di 4 Stadion Kebanggaan Indonesia

Selasa, 7 November 2023 00:32 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memperkenalkan Trophy World Cup U-17 kepada publik di Bunderan HI, Minggu (15/10/23).⁩ Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir bersama PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memperkenalkan Trophy World Cup U-17 kepada publik di Bunderan HI, Minggu (15/10/23).⁩

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan Indonesia semakin siap menggelar pesta Piala Dunia U-17 2023. Setidaknya empat stadion terbaik milik Indonesia sudah siap menghelat pertandingan.

Kompetisi resmi FIFA Piala Dunia U-17 2023 memang bakal dimulai pada 10 November 2023 mendatang. Indonesia selaku tuan rumah menyediakan empat stadion terbaik dan menjadi kebanggaan Indonesia yang disiapkan untuk menggelar pertandingan yang berakhir pada 2 Desember.

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya yang menjadi arena partai pertama Grup A, pada 10 November, sekaligus upacara pembukaan. Stadion Manahan, Solo menjadi homebase Grup B, sekaligus duel semifinal dan final. 

Stadion Jakarta Internasional Stadium (JIS) markas peserta Grup C dan Grup E, serta Stadion Si Jalak Harupat, Bandung kandang bagi tim negara di Grup D dan Grup F.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan Indonesia selaku tuan rumah terus mempersolek keempat stadion tersebut sejak Oktober lalu.

"Sejak 27 Oktober lalu empat stadion-stadion utama untuk Piala Dunia U-17 sudah diserahkan ke FIFA. Artinya, sudah memenuhi persyaratan dan kelayakannya diapresasi sangat positif,” buka Erick Thohir.

“Kami siapkan empat stadion terbaik Indonesia sebagai pentasnya karena dengan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia, Indonesia dan kota-kota penyelenggara akan berdiri sejajar dengan negara dan kota sepakbola dunia lainnya," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Jakarta, Senin (6/11).

Setidaknya dalam Piala Dunia U-17 kali ini 24 negara yang bakal bertanding di edisi ke-19 Piala Dunia U-17 yang merupakan turnamen di bawah naungan FIFA. 

Ke-24 negara peserta tersebut akan dibagi ke dalam enam grup. Masing-masing grup diisi oleh empat tim. Peringkat satu dan dua otomatis lolos ke fase gugur, ditambah dengan empat tim peringkat tiga terbaik.

Turnamen kelompok umur level dunia ini dikenal sebagai pabriknya talenta-talenta muda berbakat.

Timnas Indonesia U-17 sebagai tuan rumah berada di Grup A Piala Dunia U-17 2023. Iqbal Gwijangge dan kolega bakal bersaing bersama Ekuador, Panama dan juga Maroko.

Laga-laga Timnas Indonesia U-17 di Grup A bakal dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Tiga stadion lain yang juga bakal menggelar pertandingan adalah Jakarta International Stadium, Si Jalak Harupat, dan Manahan.

Sementara itu, hampir seluruh pemain peserta Piala Dunia U-17 sudah tiba di Indonesia. Bahkan mereka tak ragu memuji segala persiapan yang telah dilakukan oleh Indonesia selaku tuan rumah.

Salah satu negara yang sudah tiba di tanah air adalah timnas Brasil U-17. Pelatih Timnas Brasil U-17 Phelipe Leal terkejut dan memuji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Seperti diketahui, timnas Brasil U-17 tergabung dalam Grup C bersama dengan Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Persaingan mereka di fase grup semuanya akan dimainkan Kota Jakarta. Phelipe melakukan inspeksi ke stadion latihan dan venue pertandingan. Ia mengaku terkejut dengan kesiapan Indonesia. 

"Ini sangat gila," kata Phelipe sambil menggeleng-geleng kepalanya saat melihat kemegahan stadion di Indonesia.

Phelipe mengaku sejak drawing grup dan penetapan jadwal pertandingan, ia belum sempat mencari tahu di stadion mana mereka akan bertanding. 

Namun setelah melihat langsung stadion lokasi pertandingan, ia pun terkejut Indonesia punya stadion semegah itu. Menurutnya ini menunjukkan keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

"Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat," kata dia. 

"Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini," tukas dia.