Liga Inggris

Gagal Beli Manchester United, Sheikh Jassim Tetap 'Bantu' Jim Ratcliffe untuk Gulingkan Glazer

Rabu, 8 November 2023 08:01 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Eric Gaillard
Sheikh Jassim Al-Thani mungkin kecewa usai gagal membeli Manchester United tapi bukan berarti ia berhenti jadi fans setia klub Liga Inggris (Premier League) itu. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard) Copyright: © REUTERS/Eric Gaillard
Sheikh Jassim Al-Thani mungkin kecewa usai gagal membeli Manchester United tapi bukan berarti ia berhenti jadi fans setia klub Liga Inggris (Premier League) itu. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

INDOSPORT.COM - Sheikh Jassim Al-Thani mungkin kecewa usai gagal membeli Manchester United tapi bukan berarti ia berhenti jadi fans setia klub Liga Inggris (Premier League) itu.

Doa dan harapan untuk sukses selalu ia panjatkan untuk The Red Devils yang kabarnya akan segera memiliki co-owner baru, Sir Jim Ratcliffe.

Sebelumnya dalam tempo satu tahun terakhir, Sheikh Jassim dan Ratcliffe terlibat perang tawaran untuk membeli Manchester United yang dimiliki oleh keluarga Glazer.

Dengan kekuatan finansialnya, Sheikh Jassim rela mempersiapkan proposal pembelian kontan tanpa utang senilai 6 miliar USD yang mana sudah dua kali lipat dari valuasi klub di pasar saham.

Tidak cuma itu, pengusaha sukses asal Qatar tersebut juga menjanjikan 1,7 miliar USD dalam bentuk suntikan dana transfer serta pembenahan operasional sejak hari pertama menjadi pemilik baru Manchester United.

Semua itu Sheikh Jassim lakukan karena ia adalah fans klub tersebut dan tidak hanya mencari untung dan popularitas dengan memiliki tim Liga Inggris.

Sayangnya tawaran tersebut ditolak Glazer mentah-mentah. Klan pebisnis kondang Amerika Serikat tersebut percaya jika mereka masih bisa untung lebih besar lagi bila menunda penjualan sampai tahun 2024 mendatang.

Anehnya tidak lama setelah tawaran Sheik Jassim Al-Thani disia-siakan, Glazer justru dilaporkan siap menerima tawaran dari Sir Jim Ratcliffe yang hanya mengincar 25% saja saham di Old Trafford.

Hingga hari ini, Rabu (08/11/23), memang belum ada realisasi namun bos perusahaan INEOS tersebut akan diberi keleluasaan untuk mengatur divisi keolahragaan Manchester United sedangkan marketing dan finansial tetap di tangan rezim lama.

Dilansir dari Sky Sports dan juga GOAL, Sheikh Jassim ingin agar Ratcliffe bisa memulai era baru yang sukes di Manchester United. Sebagai suporter, ia ingin agar Setan Merah kembali ke era emasnya seperti dahulu.