Liga Italia

4 Pemain AC Milan dengan Gaji Paling Tinggi, Bagaimana Kontribusinya?

Senin, 13 November 2023 16:49 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo) Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain klub Liga Italia, AC Milan mendapat gaji cukup tinggi tetapi bagaimana kontribusinya musim ini karena timnya sedang dalam performa buruk.

Musim lalu menjadi salah satu musim terbaik AC Milan di pentas Liga Champions sejak beberapa tahun ke belakangan. Bagaimana tidak, Rossoneri nyaris saja bisa menginjakkan kakinya ke partai puncak setelah terakhir kali 2007 lalu.

Tetapi hal itu gagal karena AC Milan kalah di babak semifinal dari rival sekota Inter Milan dalam dua leg langsung. Leg pertama kalah 0-2 dan leg kedua kalah 0-1 (aggregat 0-3).

Meski kalah dan gagal ke final, AC Milan tetap merasakan berkahnya yakni mendapat keuntungan tinggi untuk pertama kalinya sejak 2006, berkat kenaikan 36 persen pendapatan senilai 404,5 juta euro atau sekitar Rp6,8 triliun.

Pihak klub menambahkan bahwa kenaikan pendapatan dapat tercapai berkat peningkatan 44,4 juta euro (Rp 750 miliar) dari aktivitas komersial dan sponsor. 

Uang hak media mereka juga naik sebesar 41,8 juta euro (Rp 706 miliar) berkat laju Milan sampai semifinal Liga Champions dan pendapatan hari pertandingan yang mencapai 40,3 juta euro (Rp 681 miliar).

Mulai stabilnya finansial AC Milan membuat klub tak lagi pelit untuk menggaji tinggi pemain, agar bisa merekrut para bintang demi bisa membantu tim bersaing merebut gelar juara di setiap musimnya.

Lantas siapa saja pemain AC Milan yang saat ini bergaji tinggi, lalu bagaimana kontribusinya mengingat tim besutan Stefano Pioli itu sedang tertatih-tatih di kompetisi domestik musim ini?

Ruben Loftus-Cheek

Musim panas 2023 lalu menjadi periode sibuk bagi AC Milan karena mereka harus merekrut banyak pemain, menyusul banyak juga pemain lama yang pergi.

Salah satunya di sektor tengah yang keropos. AC Milan ditinggal sejumlah nama, satu di antaranya yang paling vital adalah Sandro Tonali.

Kepergian Tonali membuat AC Milan berjibaku mencari gelandang baru, akhrinya sukses mendapatkan Ruben Loftus-Cheek dari Chelsea.

Untuk memboyong Loftus-Cheek ke San Siro, Milan kabarnya harus membayar biaya transfer senilai 16 juta euro plus biaya tambahan sebesar 4 juta euro.

Lewat laman resmi mereka, Milan menyebut bahwa Loftus-Cheek mendapat kontrak berdurasi empat tahun alias hingga 30 Juni 2027 mendatang.

Dia menerima bayaran sebesar 98 ribu euro atau sekitar Rp1,6 miliar per pekan. Sebagai pemain debutan, musim pertama Loftus-Cheek dibilang sukses karena ia mampu beradaptasi dengan sepak bola Italia.

Sejauh ini ia sudah membuat 1 gol dan 2 assist dari 10 penampilan. Ia juga jadi gelandang andalan Stefano Pioli di lini tengah.