In-depth

Bedah Formasi AC Milan Tanpa Olivier Giroud, Lini Depan Siap-siap Melempem

Minggu, 12 November 2023 19:09 WIB
Editor: Juni Adi
© REUTERS/Alessandro Garofalo
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo) Copyright: © REUTERS/Alessandro Garofalo
Ekspresi sedih pemain AC Milan Olivier Giroud saat kalah dari Udinese dengan skor 0-1 pada laga Liga Italia 2023/2024, Minggu (05/11/23), di San Siro (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Italia (Serie A) AC Milan harus bernasib sial karena mereka kehilangan Olivier Giroud di lini depan akibat hukuman kartu merah. 

AC Milan kembali meraih hasil kurang memuaskan kala bertandang ke markas Lecce di lanjutan Liga Italia pekan ke-12 di Stadion Comunale Via del Mare, pada Sabtu (11/11/23) malam WIB.

Rossoneri hanya bisa membawa pulang 1 poin usai bermain imbang 2-2. Padahal mereka mengawali pertandingan dengan sangat bagus karena dominan.

Bahkan AC Milan unggul lebih dahulu sebanyak dua kali  di babak pertama lewat gol Olivier Giroud menit ke-28, lalu digandakan oleh Tijjani Reijnders menit ke-35.

Skor 0-2 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, permainan solid AC Milan tampak kacau.

Alhasil tuan rumah Lecce bisa memperkecil kedudukan melalui gol Nicola Sansone menit ke-66, lalu empat menit berselang mereka menyamakan kedudukan jadi 2-2 lewat gol Lameck Banda menit ke-70.

Sial bagi AC Milan karena jelang berakhirnya pertandingan menit ke-90+3, penyerang mereka Giroud harus mendapat kartu merah langsung karena melakukan pelanggaran.

Dengan 10 pemain, AC Milan mampu menahan imbang Lecce 2-2 hingga laga usai. Hasil ini membuat AC Milan kain tertinggal dari persaingan scudetto.

Mereka bertengger di peringkat ke-3 dengan 23 poin, tertinggal 6 angka dari Juventus di puncak dan terpaut 5 angka dari Inter Milan di urutan ke-2.

Pelatih Stefano Pioli harus memutar otak menyusul absenya Giroud. Dia setidaknya akan diskors satu pertandingan Serie A. Namun, striker yang pernah membela Arsenal dan Chelsea itu bisa saja mendapat sanksi lebih berat.

Awalnya Giroud mendapat kartu kuning karena memprotes wasit Rosario Abisso yang tak memberi Milan tendangan bebas menyusul handball Marin Pongracic.

Namun, protes terus berlanjut dan dalam beberapa detik Giroud menerima kartu kuning kedua, sehingga dikeluarkan dari lapangan.

Setiap kartu merah secara otomatis akan mengakibatkan larangan satu pertandingan Serie A, tetapi ia berpotensi dapat hukuman larangan hingga empat pertandingan.

Namun, jika memprotes wasit, pemain berisiko mendapat hukuman lebih berat. Lantas bagaimana formasi AC Milan tanpa Giroud?