In-depth

Terlalu Banyak Pemain Asing, 3 Veteran Liga Italia yang Bisa Selamatkan Musim Kacau AC Milan

Selasa, 14 November 2023 06:30 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Daniele Mascolo
AC Milan kembali meraih hasil minor di Liga Italia (Serie A) 2023/2024 usai ditahan imbang oleh Lecce 2-2 pada Sabtu (11/11/23) lalu. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo) Copyright: © REUTERS/Daniele Mascolo
AC Milan kembali meraih hasil minor di Liga Italia (Serie A) 2023/2024 usai ditahan imbang oleh Lecce 2-2 pada Sabtu (11/11/23) lalu. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

INDOSPORT.COM - AC Milan kembali meraih hasil minor di Liga Italia (Serie A) 2023/2024 usai ditahan imbang oleh Lecce 2-2 pada Sabtu (11/11/23) lalu.

I Rossoneri sudah sempat unggul dua gol lebih dulu namun pada akhirnya harus puas dengan satu poin saja dari lawatan ke Comunale Via del Mare.

Imbasnya posisi mereka di persaingan menuju scudetto semakin tidak menguntungkan.

Memang AC Milan masih ada di tiga besar berkat koleksi 23 poin dari 12 pekan namun gap dengan dua pesaing utama yakni Inter Milan (31) dan Juventus (29) kian melebar.

Stefano Pioli selaku manajer pun akhirnya menjadi bulan-bulanan publik. Bukan hal mengherankan karena dalam enam laga terakhir timnya di semua ajang hanya bisa menang sekali.

Bila merunut pada analisa Arrigo Sacchi selaku mantan pelatih legendaris AC Milan, krisis di San Siro disebabkan oleh strategi transfer yang salah.

Dalam satu jendela bursa transfer didatangkan terlalu banyak pemain asing dan sebagian besar seperti Samuel Chukwueze, Christian Pulisic, Yunus Musah, Tijjani Reijnders, Ruben Loftus-Cheek, hingga Noah Okafor belum pernah bermain di Liga Italia sebelumnya.

Kini pemain Italia di skuad AC Milan bisa dihitung jari. Di lini tengah saja sekarang hanya ada Thomas Pobega sebagai satu-satunya 'pribumi' dan ia pun bukan berstatus starter.

"Apakah ini semua kesalahan Pioli? Saya rasa, tidak. Kesalahan terbesar justru terjadi pada awal musim ini. Dari situ, semua masalah ini dimulai," kata Sacchi kepada La Gazzetta dello Sports.

"Terlalu banyak pemain asing yang merapat. Mereka yang datang dari luar negeri butuh waktu untuk memahami kompetisi ini dan taktik kami. Para pemain ini terlihat masih bingung. Ujungnya, Milan tidak tampil sebagai sebuah tim yang solid," tambahnya.

Analisa Sacchi masih bisa diperdebatkan namun bukan berarti sepenuhnya tidak berdasar. Pengalaman memang diperlukan terutama di kompetisi sebesar Liga Italia.

Andai mencari pemain asli Italia dengan kualitas oke dirasa sulit, AC Milan masih punya alternatif lain. Mereka yang karier di Liga Italia mungkin bisa dirasa cukup. Apalagi jika bisa didatangkan dengan harga miring dan berikut ulasannya.