Bola Internasional

Radja Nainggolan Blak-blakan Merokok dan Minum Miras, Alasannya di Luar Nalar

Kamis, 16 November 2023 19:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
© Paolo Bruno/Getty Images
Pesepak bola berdarah Indonesia dan Belgia, Radja Nainggolan. Copyright: © Paolo Bruno/Getty Images
Pesepak bola berdarah Indonesia dan Belgia, Radja Nainggolan.

INDOSPORT.COM - Radja Nainggolan akui jika ia pernah merokok dan mengenggak minuman keras saat masih aktif bermain sepak bola di Eropa, karena satu alasan.

Sebagaimana diketahui, Radja Nainggolan ditunjuk sebagai Duta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Radja adalah pemain berdarah Indonesia yang sukses berkarier di Serie A.

Beberapa klub besar yang pernah ia singgahi adalah AS Roma dan Inter Milan. Sembilan tahun ia berkarier di dua klub tersebut.

Namun, kesuksesannya bersama klub tidak lantas membuat Radja Nainggolan dipanggil ke Timnas Belgia, negara asalnya. Beberapa kali ia dipanggil, tetapi lebih sering dicoret.

Radja Nainggolan mengatakan bahwa ada sentimen dengan pelatih, dan mungkin salah satu faktornya adalah karena ia merokok dan meminum alkohol.

Hal itu ia sampaikan melalui kanal YouTube Sport77, ketika host bertanya mengapa Radja yang konsisten bermain di liga top Eropa justru jarang dipanggil ke Timnas Belgia.

"Saya selalu ada di situasi dipanggil, tidak, lalu dipanggil lagi, karena sepertinya pelatih menganggap saya badboy, karena saya suka pesta, suka minum-minum," ungkap Radja.

Menurut Radja Nainggolan, ia hanya mencoba untuk menikmati hidupnya. Ia bahkan menolak untuk mendapatkan gaji tinggi dengan pindah ke klub China.

Salah satu kebahagiaannya adalah saat bermain di AS Roma. Maka dari itu, Radja beberapa kali menyebutkan bahwa ia tidak merasa lebih baik saat pindah ke Inter Milan.

"Dalam hidup, perlu menjadi bahagia. Saya merasa sangat bahagia di Roma. Saya bisa saja bergabung ke Chelsea atau ke China demi uang, tapi bagi saya kebahagiaan sangat penting."