In-depth

4 Pemain Timnas Indonesia dengan Rating Terburuk saat Dibantai Irak, Nadeo Paling Parah

Jumat, 17 November 2023 12:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI.
Aksi Dimas Drajad di laga Irak vs Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Copyright: © PSSI.
Aksi Dimas Drajad di laga Irak vs Timnas Indonesia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 1-5 dari Irak di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (16/11/23) di Basra International Stadium. Ada banyak kesalahan yang dilakukan skuad Garuda sehingga terbantai.

Adapun lima gol Irak diciptakan Bashar Resan (20'), gol bunuh diri Jordi Amat (35'), Oshama Rashid (60'), Youssef Amyn (81') dan Aldin El-Zubaidi (88'). Sedangkan satu-satunya gol Indonesia dicetak Shayne Pattynama (45+3').

Kekalahan tersebut pun disorot salah satu media asing, 90min yang menyebut penyebabnya adalah kesalahan individu pemain. Karena itu, 90min memberikan rating rendah untuk empat pemain Timnas Indonesia.

Secara statistik, permainan Indonesia pun amburadul. Laporan LapangBola menyebut Indonesia hanya memegang 33 persen ball possesion, 73 persen akurasi passing (196/265), berbanding 84 persen (415/491) milik Iran.

“Saya pikir Irak bermain lebih bagus dari kami,” ucap pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Indonesia yang miliki rating rendah? Berikut ulasan INDOSPORT.

Marck Klok 

Pemain milik Persib Bandung ini tampil mengecewakan selama 76 menit di lapangan. Dua dari tiga gol awal dari Irak tidak lepas dari kinerja buruk Klok.

Kesalahan antisipasi, kontrol bola yang jelek dan kesalahan passing maupun umpan sering dilakukan Klok pada laga semalam. 

Gol pertama berawal dari kesalahan antisipasi Klok yang kemudian direbut pemain Irak. Lalu, dia juga terlambat menutup ruang saat gol ketiga tuan rumah yang terjadi di babak kedua.

Karena hal tersebut, rating Klok pun tidak terlalu bagus. Dilansir dari Google, nilai pemain naturalisasi itu 3/5, lalu situs Aiscore memberikan poin 6,6/10 dan media luar negeri yakni 90min merilis rating 3/10.