In-depth

Termasuk Jenderal Polandia dan Kvaradona, 4 Bintang Napoli yang Cocok AC Milan Bajak Musim Depan

Minggu, 19 November 2023 02:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Ciro De Luca
AC Milan bisa jadi salah satu klub yang diuntungkan dalam keruntuhan rival Liga Italia (Serie A) mereka yakni Napoli. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca) Copyright: © REUTERS/Ciro De Luca
AC Milan bisa jadi salah satu klub yang diuntungkan dalam keruntuhan rival Liga Italia (Serie A) mereka yakni Napoli. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

INDOSPORT.COM - AC Milan bisa jadi salah satu klub yang diuntungkan dalam keruntuhan rival Liga Italia (Serie A) mereka yakni Napoli.

Selain pesaing menuju titel Scudetto yang semakin berkurang, I Rossoneri bisa memanfaatkan situasi carut marut I Partenopei untuk merebut para aset terbaik mereka.

Mungkin apa yang terjadi pada Napoli sekarang belum bisa dianggap sebagai tragedi besar namun sudah sangat mengkhawatirkan.

Mereka adalah juara bertahan Liga Italia musim ini namun diyakini sudah akan memasuki era kelam lagi akibat manajemen yang buruk.

Sebelum musim 2023/2024 bergulir secara mengejutkan presiden klub, Aurelio De Laurentiis, mengumumkan akan ada manajer baru pengganti Luciano Spalletti yang merupakan otak sukses Scudetto 2022/2023.

Diklaim bahwa sang allenatore 64 tahun ingin rehat sejenak usai meraih gelar Liga Italia perdananya sepanjang karier sebagai manajer namun fakta bahwa ia langsung menerima tugas sebagai pelatih kepala timnas Italia tidak lama kemudian membuktikan ada yang tidak beres.

De Laurentiis kemudian menunjuk Rudi Garcia sebagai nakhoda baru di Stadio Diego Armando Maradona yang mana terbukti kurang jitu.

Juru taktik asal Prancis tersebut dipecat setelah dalam 16 pertandingan cuma memberikan Napoli delapan kemenangan. Di Liga Italia, Victor Osimhen cs berjarak 10 poin jauhnya dari Inter Milan sebagai pemuncak klasemen.

Sebagai usaha menyelamatkan musim Napoli, De Laurentiis kemudian memilih rujuk dengan Walter Mazzarri yang pada 2009-2013 sudah sempat melatih di Naples dan punya era emasnya tersendiri namun sosoknya tak lagi sama.

Dalam satu dekade terakhir Mazzarri hanya sekali melatih tim besar, Inter Milan, dan itu pun juga tidak berjalan lama. Cuma satu setengah musim.

Kemudian ia berpindah-pindah dari satu tim gurem ke tim gurem lainnya macam Watford, Torino, dan Cagliari tanpa hasil memuaskan. Kontrak tujuh bulan yang diberikan Napoli padanya seolah jadi tanda jika pihak klub pun tidak sepenuhnya percaya keadaan bakal membaik dengan kepulangannya.

Inilah kenapa Napoli bisa hancur lebur musim ini. Ketika bursa transfer musim panas 2024 tiba, AC Milan bisa lebih leluasa mencuri para pemain terbaik mereka terutama bila kelolosan ke Liga Champions tidak didapat. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.