In-depth

Prediksi Ranking FIFA Timnas Indonesia Bila Bekuk Filipina: Kangkangi 4 Negara?

Senin, 20 November 2023 16:12 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Copyright: © PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Meski kalah 1-5 dari Irak di laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia masih bisa memperbaiki ranking FIFA bila menang atas Filipina.

Timnas Indonesia mengawali perjuangan di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (16/11/23) malam WIB dengan bertandang ke Irak.

Tampil di Basra International Stadium, Irak, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong harus kebobolan lima gol.

Kekalahan dari Irak dengan skor 1-5 dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Timnas Indonesia harus rela kehilangan 6,37 poin di ranking FIFA.

Tetapi beruntung, Skuat Garuda besutan Shin Tae-yong tidak tergeser dari peringkat 145 dunia dengan koleksi 1,063.45 poin.

Jordi Amat dkk masih bisa memperbaiki posisi di ranking FIFA bila bisa menang atas Filipina di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Filipina di laga kedua Grup F di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina pada Selasa (21/11/23) pukul 18.00 WIB.

Mereka sudah tiba di FIlipina pada Sabtu (18/11/23) pagi. Hanya beristirahat sejenak, Shin Tae-yong selaku pelatih langsung menggelar latihan pada sore hari di Rizal Memorial Stadium.

Memang bukan tanpa alasan bagi Shin Tae-yong langsung mempersiapkan Timnas Indonesia. Sebab memang dia tidak ingin Timnas Indonesia kembali meraih hasil minor saat menghdapi Filipina.

“Memang setelah pertandingan melawan Irak, kita pindah ke Filipina, seharian di jalan, jadi kondisi pemain letih dan lelah, tapi saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” ucap Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI.

Shin Tae-yong memang mencoba membakar semangat penggawa Garuda. Pelatih asal Korea Selatan ini tidak mau anak asuhnya terus terlarut dalam kesedihan pasca dikalahkan oleh Irak.

“Jadi yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah, tetapi memang banyak faktor yang menyusahkan kita, mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain,” kata Shin Tae-yong.

Namun meski begitu Shin Tae-yong mengingatkan anak asuhnya untuk bisa mengevaluasi diri pasca dikalahkan Irak. Terlebih untuk tidak melakukan kesalahan yang bisa merugikan tim.

“Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada para pemain, agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti mulai dari gol pertama ke gol ketiga,” ungkapnya.

“Kita kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik, pastinya. Tentunya masyarakat bola Indonesia menantikan pertandingan berikutnya,” tegasnya.

Bila Timnas Indonesia mampu mempermakukan Filipina di laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, mereka tentu bisa mengalami kenaikan ranking FIFA. Berikut kami telah membahas perhitungannya: