In-depth

Deretan Fakta Mengejutkan Jelang Filipina vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 21 November 2023 10:24 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Copyright: © PSSI
Skuad Timnas Indonesia saat menghadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Berikut deretan fakta mengejutkan jelang pertandingan kedua fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Filipina vs Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia dijadwalkan bersua Filipina di laga kedua Grup F di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina pada Selasa (21/11/23) pukul 18.00 WIB.

sudah tiba di FIlipina pada Sabtu (18/11/23) pagi. Hanya beristirahat sejenak, Shin Tae-yong selaku pelatih langsung menggelar latihan pada sore hari di Rizal Memorial Stadium.

Memang bukan tanpa alasan bagi Shin Tae-yong langsung mempersiapkan Timnas Indonesia. Sebab memang dia tidak ingin Timnas Indonesia kembali meraih hasil minor saat menghdapi Filipina.

“Memang setelah pertandingan melawan Irak, kita pindah ke Filipina, seharian di jalan, jadi kondisi pemain letih dan lelah, tapi saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” ucap Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI.

Shin Tae-yong memang mencoba membakar semangat penggawa Garuda. Pelatih asal Korea Selatan ini tidak mau anak asuhnya terus terlarut dalam kesedihan pasca dikalahkan oleh Irak.

“Jadi yang namanya sepak bola, bisa menang dan juga kalah, tetapi memang banyak faktor yang menyusahkan kita, mulai dari waktu, jet lag, dan lain-lain,” kata Shin Tae-yong.

Namun meski begitu Shin Tae-yong mengingatkan anak asuhnya untuk bisa mengevaluasi diri pasca dikalahkan Irak. Terlebih untuk tidak melakukan kesalahan yang bisa merugikan tim.

“Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada para pemain, agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan seperti mulai dari gol pertama ke gol ketiga,” ungkapnya.

“Kita kemasukan gol, jadi pemain pun paham, dan mengerti apa yang harus mereka lakukan sebelum melawan Filipina, jadi saya pun juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik, pastinya. Tentunya masyarakat bola Indonesia menantikan pertandingan berikutnya,” tegasnya.

Kemenangan atas Filipina sangat penting bagi Timnas Indonesia. Bila menang, mereka bisa membuka peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026.

Selain itu, kemenangan atas Filipina membuat Skuat Garuda juga bisa memperbaiki ranking FIFA. Mereka sempat kehilangan 6,37 poin di ranking FIFA seusai dihajar 1-5 oleh Irak.

Sementara itu, jelang Filipina menjamu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, berikut kami telah merangkum adanya beberapa fakta menarik. Apa saja itu?