Liga 1

Leo Medina Masih Pimpin Persis Solo, Pengganti Fernando Absen Lawan Borneo FC

Rabu, 22 November 2023 14:57 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT) Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Persis Solo mempertegas posisi Leonardo Medina di tengah rumor pergantian pelatih menuju lanjutan Liga 1 2023-2024.

Laskar Sambernyawa kemungkinan belum menyertakan pengganti Fernando Rodriguez saat melawan Borneo FC, Senin (27/11/23).

Persis Solo terus digoyang rumor pergantian pelatih setelah lima pertandingan terakhir hanya mencatatkan satu kemenangan, tiga hasil imbang dan menelan sekali kekalahan. Tambahan 6 poin itu hanya menempatkan Persis Solo di urutan ke-11 dengan 24 poin.

Kandidat pun bermunculan di media sosial. Nama mantan pelatih Lebanon U-23, Miguel Moreira, pun muncul. Pelatih asal Portugal itu sempat menunjukkan keinginan untuk berkarier di Indonesia pada April 2023 lalu.

Kala itu, Miguel Moreira mendampingi Lebanon U-23 yang menghadapi Indonesia U-23 dalam pertandingan uji coba internasional di Indonesia.

Miguel Moreira juga berbicara tentang keberhasilan rekan senegaranya, Bernardo Tavares, yang membawa PSM Makassar juara Liga 1 2022-2023.

Namun, rumor itu belum menunjukkan perkembangan. Persis Solo justru memberi penegasan jika Leonardo Medina masih bertahan.

Persis Solo mengunggah momen pelatih asal Meksiko itu memimpin sesi latihan di Boyolali, Selasa (21/11/23). Unggahan pada slide kedua itu banyak dikomentari suporter Persis Solo.

"Lohh Leonardo Medeni (Medina) kok iseh jarene out (Loh Leonardo Medina kok masih, katanya out)," tulis @tutopodol_ di postingan tersebut.

Sementara upaya INDOSPORT.com melakukan konfirmasi ke Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, tak berbuah hasil. Bryan tak merespons ketika ditanya rumor Leo Medina akan bertahan atau keluar.

Sumber INDOSPORT.com justru menyebut Leo Medina berpotensi kembali menjadi asisten pelatih, seperti ketika berada di Johor Darul Takzim.

"Memang ada beberapa kandidat yang dipertimbangkan, tapi belum ada keputusan. Mungkin juga tetap pelatih kepala tapi dicarikan asisten baru," ucap sumber yang enggan disebutkan namanya.

Rumor Francisco Rivera

Dengan sisa waktu yang terlalu mepet, kemungkinan besar Persis Solo tetap dipimpin Leo Medina saat melawan Borneo FC. Terlalu riskan bagi Persis Solo mengganti pelatih kepala secara dadakan.

Sementara di barisan pemain, Persis Solo juga belum mengumumkan pemain baru. Ze Valente yang sempat dikaitkan dengan Persis Solo juga akhirnya gabung Persik Kediri.

Kini, nama yang dirumorkan ke Persis Solo adalah gelandang serang Madura United, Francisco Rivera. Pemain asal Meksiko ini dirumorkan bakal meninggalkan Madura United bersama Hugo Gomes 'Jaja'.

Namun begitu, rumor ini juga belum ada hitam di atas putih. Di website PT Liga Indonesia Baru, belum ada nama anyar yang didaftarkan Persis Solo.

Rivera dan Jaja juga masih terdaftar sebagai pemain Madura United. Keduanya masih bersiap membela Madura United dalam pertandingan melawan Bali United, Kamis (23/11/23).

Fokus Kejar Poin

Di luar rumor pemain dan pelatih, bek Persis Solo, Gavin Kwan Adsit, memastikan timnya dalam semangat tinggi menuju laga melawan Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda.

Selama jeda FIFA Match Day, Persis Solo tetap berlatih seperti biasa di Boyolali. Gavin Kwan menegaskan keinginan Persis Solo mendulang banyak poin dalam 16 pertandingan tersisa.

"Pastinya ingin selalu memberikan yang terbaik dan untuk menaikkan lagi di klasemen," kata Gavin Kwan Adsit.

Sembari meningkatkan level tim, para pemain juga menikmati pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Manahan. Gavin Kwan, Alexis Messidoro, Rian Miziar, Jaime Xavier, Diego Bardanca dan David Gonzalez merupakan nama-nama yang rutin ke Manahan.