Liga 1

Pelatih Persib Ungkap Kondisi Buruk Daisuke Sato - Rachmat Irianto, Salahkan Rumput di Filipina

Jumat, 24 November 2023 12:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung di Liga 1, Bojan Hodak. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung di Liga 1, Bojan Hodak. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak, membeberkan kondisi empat pemain Timnas yang sudah bergabung dengan Skuad Maung Bandung, menjelang pertandingan pekan ke-20 kompetisi Liga 1 2023-2024. 

Keempat pemain timnas yang sudah bergabung dengan Persib yakni Rachmat Irianto, Marc Klok dan Edo Febriansah (Timnas Indonesia) serta Daisuke Sato (Timnas Filipina).

Pemain Timnas tersebut sudah mulai bergabung dan berlatih bersama skuad Maung Bandung pada sesi latihan yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (25/11/23). 

Menurut Bojan Hodak, kondisi dua dari empat pemain Timnas tersebut masih membutuhkan waktu untuk memulihkan kondisinya. Sebab, sebelumnya pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 digelar di lapangan sintetis.

Kondisi lapangan sintetis yang menjadi venue pertandingan tersebut tidak begitu bagus, sehingga anak asuhnya membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama jika dibandingkan dengan rumput normal.

Seperti diketahui, Timnas Filipina dan Indonesia berhadapan pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11/23) di Stadion Rizal Memorial.

"Empat pemain sudah kembali. Pertandingan terakhir yang mereka mainkan dilakukan di lapangan sintetis dan kualitas rumput sintetisnya tidak begitu baik," kata Bojan Hodak, Kamis (23/11/23).

"Jadi itu membuat tubuh butuh waktu lebih lama untuk melakukan recovery ketimbang dari rumput normal," ucap mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan.

Hal itu menurut Bojan Hodak, menjadi alasan Daisuke Sato dan Rachmat Irianto masih menjalankan program latihan terpisah pada sesi latihan, Kamis (23/12/23).

"Itu alasan kenapa Sato dan Irianto hari ini hanya jogging sedangkan Marc dan Edo berlatih normal," jelas Bojan Hodak.

Shin Tae-yong Keluhkan Hal Sama

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga memberikan komentar mengenai kondisi lapangan pertandingan menghadapi Filipina, selain itu hasil imbang 1-1 cukup adil.

Pasalnya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan disebut tidak berada dalam kondisi terbaik, setelah melewati perjalanan jauh, usai melakoni laga menghadapi Irak.

Belum lagi kondisi lapangan yang menggunakan rumput sintetis pada pertandingan menghadapi Filipina, yang jarang dijumpai pemain Indonesia. 

"Kami memiliki beberapa kesulitan seperti perjalanan jauh (dari Indonesia - Irak - Filipina) lalu ada perbedaan waktu, kelelahan dan khususnya lapangan yang pakai rumput sintetis yang tidak familiar bagi kami," ujar Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Jadi kami sangat sulit buat kami untuk adaptasi dengan lapangan seperti ini. Hasil 1-1 adalah hasil yang adil bagi kami di pertandingan 90 menit," jelasnya.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu memberikan apresiasi ke para pemain Indonesia. Jordi Amat dan kolega sudah bermain sesuai instruksi dan pantang menyerah. 

"Akan tetapi, performa kami baik karena pemain tidak menyerah dari Filipina. Jadi saya berterima kasih ke pemain yang telah kerja keras menunjukkan performa hari ini," ucapnya.

Situasi melawan Filipina memang sudah diprediksi oleh Shin Tae-yong sebelum laga. Dia menyebut faktor recovery dan lapangan yang tidak bagus memengaruhi persiapan tim.