Liga 1

Persis Solo Segera Perkenalkan Gelandang Baru, Nama Francisco Rivera Menguat

Sabtu, 25 November 2023 10:51 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Madura United
Nama pemain Madura United, Francisco Rivera, menguat sebagai buruan anyar Persis Solo di paruh musim Liga 1. (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Nama pemain Madura United, Francisco Rivera, menguat sebagai buruan anyar Persis Solo di paruh musim Liga 1. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Rumor tentang merapatnya Francisco Rivera semakin menguat. Klub Liga 1, Persis Solo, segera memperkenalkan gelandang baru untuk mengisi slot yang ditinggalkan Fernando Rodriguez.

Kepastian ini disampaikan pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, pada sesi latihan terakhir sebelum berangkat ke Samarinda.

Dalam daftar 22 pemain yang dibawa ke Samarinda, tak ada nama pemain asing baru yang disertakan Persis Solo. Ternyata, proses negosiasi dengan rekrutan anyar belum rampung.

"Bos Kevin dan Bos Ivan sudah bernegosiasi dengan pemain tersebut. Mereka memberi pemain yang bagus. Kami sedang menunggu," kata Leo Medina di channel youtube Persis Solo.

Leo Medina menjelaskan alasan memiliki pemain berposisi gelandang. Menurutnya, Persis Solo sudah punya David Gonzalez, Arkhan Kaka Putra Purwanto, dan Ramadhan Sananta.

Arkhan Kaka sudah tak disibukkan dengan agenda bersama Timnas Indonesia U-17. Sementara untuk Sananta, Liga 1 akan libur ketika ada agenda tim nasional atau Piala Asia U-23.

Leo Medina pun berbicara mengenai dua sosok dari Persis Solo U-20, Nadhief Girasta Kosasih dan Wahyu Agong. Keduanya kini tampil di Elite Pro Academy (EPA) U-20 2023-2024.

"Dia (pemain baru) ini pemain tengah karena saya tidak ingin mendatangkan seorang penyerang. Kita memiliki penyerang lokal yang bagus, seperti Arkhan dan Sananta," kata Leo Medina.

"Kita juga memiliki pemain muda yang bagus seperti Nadhief dan Wahyu dari U-20. Itulah mengapa kita berpikir di posisi lainnya, yaitu gelandang," sambung Leo Medina.

Pelatih asal Meksiko ini siap bekerja keras untuk meningkatkan kualitas Sananta dan Arkhan Kaka. Sepanjang putaran pertama, Sananta sudah memberi kontribusi dengan catatan lima gol.

Sananta dan Arkhan Kaka wajib menutup peran Fernando Rodriguez yang kontraknya tak diperpanjang. Pada putaran pertama, Fernando jadi top skor tim dengan 7 gol.

"Bisa dibilang kita kehilangan pencetak gol terbanyak kita, tapi kita bisa mengembangkan penyerang lokal yang kita miliki," papar Leo Medina.

Leo Medina berharap banyak pada pemain asing anyar untuk memberi perbedaan di putaran kedua Liga 1 2023-2024. Saat ini Persis Solo masih berjuang untuk bisa masuk lima besar Liga 1 2023-2024.

Ketika gelandang ini sudah tiba, besar kemungkinan Moussa Sidibe akan kembali ke posisi gelandang sayap kanan. Saat di Johor Darul Takzim, Moussa memang sering bermain di posisi tersebut.

"Bos Kevin dan Bos Ivan sudah menentukan. Semoga pemain baru ini akan membantu kita untuk lebih berkembang," ungkap Leo Medina.

Potensi Gaet Madinda

Selain rumor Francisco Rivera, Persis Solo juga dikaitkan dengan Levy Madinda. Pemain yang dipinjam Persib Bandung dari Johor Darul Takzim itu dirumorkan bakal diganti pemain eks Juventus.

Levy Madinda tak akan sulit beradaptasi dengan Persis Solo. Levy pernah bermain bersama Moussa Sidibe di Johor Darul Takzim.

Selama membela Persib Bandung, Levy Madinda mencetak satu gol dari 15 pertandingan. Levy melepaskan 445 umpan dengan 324 di antaranya tepat sasaran.

Namun, catatan Levy Madinda kalah jauh dibandingkan dengan Francisco Rivera. Pemain Meksiko ini mencetak 4 gol dan 5 assist dalam 19 penampilan bersama Madura United.

Meski menjadi bagian penting Madura United, Rivera disebut-sebut berpotensi meninggalkan tim. Madura United diyakini ingin menambah satu pemain asing berposisi penjaga gawang sebelum jeda transfer Liga 1 2023-2024 ditutup.