Liga 1

Persis Solo Jelaskan Situasi Arkhan Kaka dan Misi 3 Poin di Samarinda

Minggu, 26 November 2023 17:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© LOC WCU17/FAL
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Putra Purwanto saat mencetak gol ke gawang Panama di Piala Dunia U-17 2023 (Foto: LOC WCU17/FAL) Copyright: © LOC WCU17/FAL
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Putra Purwanto saat mencetak gol ke gawang Panama di Piala Dunia U-17 2023 (Foto: LOC WCU17/FAL)

INDOSPORT.COM - Persis Solo pilih mengistirahatkan Arkhan Kaka Putra Purwanto setelah tampil di Piala Dunia U-17 2023. Makanya, Arkhan Kaka tak dibawa dalam misi mengejar 3 poin di markas Borneo FC Samarinda, Senin (27/11/23).

Arkhan Kaka tampil bagus pada Piala Dunia U-17. Catatan dua gol ke gawang Ekuador dan Panama membuktikan kelasnya sebagai bomber tajam di Indonesia.

Namun begitu, setelah pulang dari Timnas Indonesia U-17, Persis Solo tak menampilkan Arkhan Kaka pada laga pekan ke-20 Liga 1 2023-2024 melawan Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda.

Situasi ini berbeda dengan Ramadhan Sananta dan Muhammad Riyandi yang baru pulang bersama tim nasional senior. Keduanya dibawa Persis Solo meski baru pulang dalam lawatan bersama Timnas ke Irak dan Filipina.

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina memberi penjelasan terkait situasi Arkhan Kaka. Ia menilai bomber 16 tahun itu butuh waktu istirahat setelah kerja keras bersama Timnas U-17.

"Saya berpikir untuk memainkan Riyandi dan Sananta. Untuk Arkhan, saya rasa dia butuh beberapa hari untuk istirahat, karena dia sudah bekerja dalam tiga bulan secara penuh tanpa libur," kata Leo Medina di channel youtube Persis Solo.

Arkhan Kaka disiapkan Persis Solo untuk partai pekan ke-21 melawan Madura United pada Selasa (05/11/23). Arkhan Kaka menjadi opsi lini depan bersama Sananta dan David Gonzalez.

"Kita perlu memberi waktu dua sampai tiga hari untuk istirahat. Setelah itu dia akan siap bermain," tutur Leo Medina.

Diluar situasi Arkhan Kaka, Persis Solo cukup gembira karena opsi pemain melawan Borneo FC terus bertambah. Taufiq Febriyanto, Shulton Fajar dan Kanu Helmiawan sudah sembuh dari cedera.

Ketiga gelandang bertahan ini cedera dalam waktu hampir bersamaan hingga Persis Solo kesulitan memberi perbedaan di lini tengah pada laga melawan PSS Sleman lalu.

Ketiganya pun dibawa ke Samarinda pada Sabtu (25/11/23). Persis Solo turut memboyong Zanadin Fariz dan Sutanto Tan yang juga bertipe petarung di lini tengah.

"Kita telah memulihkan Taufiq, dan kita juga telah memulihkan Shulton. Shulton berada pada proses yang bagus," jelas Leo Medina.

"Sekarang kita tidak memiliki pemain yang cedera. Kanu hanya merasakan sedikit nyeri di kakinya, namun dia siap dan dia juga baik baik saja untuk bermain. Semua dalam kondisi yang bagus," sambungnya.

Persis Solo pun percaya diri memburu tiga poin di Stadion Segiri. Leo Medina tahu misi ini tak akan berjalan mudah karena Borneo FC sangat kuat di kandangnya sendiri.

Dalam 10 pertandingan kandang, Borneo FC mencatatkan delapan kemenangan dan dua hasil seri. Borneo FC sukses mencetak 20 gol dan hanya kebobolan delapan gol saja.

"Kita banyak melakukan persiapan di aspek taktik. Kita bekerja begitu banyak untuk menghadapi tim ini. Kita sangat fokus karena mereka sangat kuat saat bermain di kandangnya. Mereka tim peringkat pertama di klasemen," ungkap Leo Medina.

Persis Solo sudah mempelajari cara bermain Borneo FC. Leo Medina melihat satu sisi di lini tengah lawan yang bisa dieksploitasi oleh Alexis Messidoro dkk.

"Kita berangkat ke sana untuk mengambil kemenangan. Kita akan coba untuk menang di sana," tegas Leo Medina.

Pada kompetisi Liga 1 musim lalu, Persis Solo nyaris mencuri poin di Stadion Segiri Samarinda. Persis Solo sempat memimpin menit ke-36 lewat gol Althaf Indie.

Namun, Borneo FC merespons dengan dua gol menit ke-41 lewat Jonathan Bustos dan menit ke-59 lewat Ahmad Nur Hardianto. Sementara pada pertemuan pertama di Manahan musim ini, Persis Solo menang 2-1.