Timnas Indonesia

Marc Klok Optimis Timnas Indonesia Bangkit di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 28 November 2023 18:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© pssi.org
Jordi Amat dan Marc Klok saat menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org) Copyright: © pssi.org
Jordi Amat dan Marc Klok saat menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11/23) di Stadion Internasional Basra, Irak. (Foto: pssi.org)

INDOSPORT.COM - Gelandang naturalisasi Timnas Indonesia, Marc Klok optimis, skuad Garuda masih berpeluang besar lolos ke babak selanjutnya Kualifikasi Piala Dunia 2026. Masih ada empat pertandingan tersisa.

Sebagai informasi, Indonesia kini berada di dasar klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim asuhan Shin Tae-yong baru koleksi satu poin, sama dengan Filipina, tapi kalah dalam hitungan selisih gol (kebobolan paling banyak).

Pada dua laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia menelan kekalahan 1-5 dari Irak dan bermain imbang 1-1 kontra Filipina. 

Menanggapi situasi tersebut, Marc Klok mengakui, bukan hanya dirinya yang kecewa, tapi semua pendukung Timnas. Sebab, banyak yang berharap skuad Garuda setidaknya mengamankan tiga poin dari dua laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Tapi, gelandang Persib Bandung itu tetap optimis Indonesia punya peluang melangkah ke fase selanjutnya. Masih ada tiga pertandingan kandang dan satu laga away lawan Vietnam, yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Semua tidak senang dengan hasilnya pasti karena kita punya target menang, tapi itu jadi pengalaman karena tidak bisa selalu menang, selalu main bagus,” ucap Klok.

“Semoga ke depan kita berbenah, kita masih ada kesempatan, kita tetap optimis dan positif,” tambahnya.

Adapun, empat laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026 baru akan dimainkan pada Maret dan Juni 2024. Tim pelatih punya banyak waktu untuk lakukan evaluasi. 

Pada klasemen akhir, hanya dua tim teratas yang otomatis lolos ke babak selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jadi, Indonesia wajib mengamankan posisi, minimal runner up Grup F, supaya bisa jga peluang ke Piala Dunia 2026.