In-depth

5 Tim dengan Kelolosan ke 16 Besar Liga Champions Paling Dramatis, Mampukah AC Milan Meniru?

Rabu, 29 November 2023 19:48 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© UEFA.com
Hasil matchday kelima fase grup Liga Champions 2023/2024 membuat AC Milan berada dalam sorotan negatif. Copyright: © UEFA.com
Hasil matchday kelima fase grup Liga Champions 2023/2024 membuat AC Milan berada dalam sorotan negatif.

INDOSPORT.COM - Hasil matchday kelima fase grup Liga Champions 2023/2024 membuat AC Milan berada dalam sorotan negatif.

Kekalahan 1-3 dari Borussia Dortmund pada Rabu (29/11/23) dini hari WIB dipastikan membuat kans anak-anak asuh Stefano Pioli untuk lolos ke babak 16 besar semakin mengkerdil.

Menjamu Dortmund, AC Milan sebenarnya diunggulkan namun mereka justru sudah tertinggal di menit ke-10 lewat penalti Marco Reus setelah beberapa saat sebelumnya tendakan 12 pas Olivier Giroud ditepis Gregor Kobel.

Samuel Chukwueze sempat menyamakan skor sebelum turun minum namun di babak kedua I Rossoneri luluh lantak lagi.

Jamie Bynoe-Gittens dan Karim Adeyemi menambah dua gol lagi untuk Dortmund dalam tempo 10 menit saja dan AC Milan pun menderita kekalahan keduanya di Liga Champions musim ini.

Tanpa poin di matchday kelima membuat posisi Merah-Hitam di klasemen sementara Grup F menjadi sangat riskan karena terduduk sebagai juru kunci.

Untuk lolos ke-16 besar, AC Milan wajib mengalahkan Newcastle United di partai pamungkas fase grup sembari berharap Dortmund juga membekuk Paris Saint-Germain.

Jika skenario tersebut tidak tereksekusi sempurna maka AC Milan bisa mengucapkan selamat tinggal pada Liga Champions 2023/2024 sekaligus merasakan pahitnya ketidaklolosan ke 16 besar untuk kali kedua di era kepelatihan Pioli.

Meski sulit dan harus menggantungkan nasib pada hasil pertandingan lain, asa untuk AC Milan melaju ke babak knock out belum 100% buyar.

Dalam sejarah, sudah beberapa kali kelolosan tidak mungkin terjadi di ajang Liga Champions dan berikut beberapa tim yang mampu melakukan mission impossible tersebut.

1. FC Porto 2003/2004

Tidak ada yang menjagokan FC Porto keluar sebagai juara Liga Champions 2003/2004 namun Jose Mourinho muda berniat menggebrak Eropa dan dunia dengan cara paling dramatis.

Usai hanya meraih satu poin dari dua matchday pertama fase grup yang menempatkan mereka bersama Real Madrid, Marseille, dan Partizan Belgrade, Porto mengamuk dan mengamankan tambahan sembilan poin untuk lolos ke-16 besar sebagai runner up kumpulan F.