Liga Champions

Klasemen dan Top Skor Liga Champions: Barcelona ke 16 Besar, Haaland Samai Hojlund

Rabu, 29 November 2023 07:27 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© REUTERS/Albert Gea
Ilkay Gundogan merayakan gol pertamanya bersama Alejandro Balde pada laga LaLiga Spanyol di Stadion Olímpic Lluís Companys (Barcelona), Sabtu (28/10/23). (Foto: REUTERS/Albert Gea) Copyright: © REUTERS/Albert Gea
Ilkay Gundogan merayakan gol pertamanya bersama Alejandro Balde pada laga LaLiga Spanyol di Stadion Olímpic Lluís Companys (Barcelona), Sabtu (28/10/23). (Foto: REUTERS/Albert Gea)

INDOSPORT.COM - Klasemen dan top skor Liga Champions 2023-2024 per Rabu (29/11/23), menyajikan keberhasilan Barcelona lolos ke babak 16 besar usai menang atas FC Porto.

Kemenangan dramatis baru saja diraih oleh Barcelona saat menjamu FC Porto pada pekan kelima Liga Champions 2023-2024. Mereka sempat tertinggal lebih dulu setelah Eduardo Gabriel Aquino Cossa mencetak gol di menit ke-30.

Beruntung, Barcelona akhirnya bisa comeback berkat dua gol yang dicetak oleh Joao Cancelo (32') dan Joao Felix (57'). Kemenangan 2-1 membuat Barca sukses mempertahankan posisi puncak klasemen Grup H dengan torehan 12 poin dari lima laga.

Dengan poin tersebut, Barcelona berhak mendapatkan tiket lolos ke babak 16 besar Liga Champions, menyusul langkah Real Madrid hingga Manchester City.

Kemudian Manchester City juga baru saja mendulang kemenangan 3-2 saat menjamu RB Leipzig. Tiga gol The Citizens dicetak oleh Erling Haaland (54'), Phil Foden (70') dan Julian Alvarez (87').

Kemenangan ini tetap tidak berpengaruh dengan papa klasemen Grup G. Manchester City sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan koleksi 15 poin dari lima laga dan menjadi pemuncak klasemen.

Untuk Erling Haaland, tambahan gol tersebut membuatnya kini berada di posisi puncak daftar top skor Liga Champions. Ia menyamai rekor Rasmus Hojlund dan Alvaro Morata dengan koleksi lima gol.

Sementara itu, AC Milan dalam bahaya seusai kalah di San Siro pada dini hari WIB tadi. Saat menjamu Borussia Dortmund, mereka malah dihajar dengan skor 1-3.

AC Milan harus kebobolan lebih dulu lewat penalti Marco Reus pada menit ke-10. Pasukan Stefano Pioli sempat menyakaman kedudukan pada menit ke-37 lewat Samuel Chukwueze.

Hingga babak pertama berakhir, skor imbang 1-1 tetap bertahan. Namun sayang, Rossoneri gagal memanfaatkan sejumlah peluang pada babak kedua.

Tim besutan Edin Terzic sukses menambah dua gol di babak kedua lewat Jamie Bynoe-Gittens (59’) dan Karim Adeyemi (69’).

Kekalahan ini membuat AC Milan harus turun ke posisi juru kunci klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024 dengan koleksi lima poin  dari lima laga.

Mereka tergusur oleh Newcastle United dan PSG yang baru saja sama-sama meraih satu poin karena hasil imbang 1-1 di pekan kelima. Meski begitu, Rossoneri masih memiliki peluang untuk lolos ke sistem gugur.

Sedangkan Borussia Dortmund sukses mempertahankan posisi puncak klasemen Grup F Liga Champions 2023-2024, sekaligus memastikan lolos ke babak 16 besar.