In-depth

Hujan Blunder di Liga Champions, Andre Onana Bakal Masuk Jajaran Kiper Terburuk Man United

Kamis, 30 November 2023 19:19 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Murad Sezer
Andre Onana dipastikan jadi pemain Manchester United yang paling menyesali hasil imbang 3-3 kontra Galatasaray di Liga Champions, Kamis (30/11/23). (Foto: REUTERS/Murad Sezer) Copyright: © REUTERS/Murad Sezer
Andre Onana dipastikan jadi pemain Manchester United yang paling menyesali hasil imbang 3-3 kontra Galatasaray di Liga Champions, Kamis (30/11/23). (Foto: REUTERS/Murad Sezer)

INDOSPORT.COM - Andre Onana dipastikan jadi pemain Manchester United yang paling menyesali hasil imbang 3-3 kontra Galatasaray di Liga Champions, Kamis (30/11/23).

Pasalnya sang penjaga gawang internasional Kamerun punya andil dalam terciptanya gol-gol lawan yang membuat peluang Setan Merah menembus 16 besar kini tidak lebih tebal dari sehelai tisu.

Manchester United dihadapkan pada misi wajib menang saat bertandang ke RAMS Park, markas Galatasaray, jika ingin menentukan takdir mereka sendiri di panggung Liga Champions.

Semua berjalan lancar pada awalnya dengan Alejandro Garnacho mencetak gol cepat di menit ke-11 hasil assist dari Bruno Fernandes.

Fernandes sendiri juga ikut mencatatkan namanya di papan skor tujuh menit kemudian lewat tendangan geledek yang menyasar pojok kanan atas gawang Galatasaray kawalan Fernando Muslera.

Namun keunggulan dua gol membuat Manchester United lengah dan Galatasaray pun mengejar. Tendangan bebas Hakim Ziyech yang menembus pagar betis sama sekali tidak bisa dibaca oleh Onana di menit ke-29.

Scott Mctominay sempat memulihkan gal dua gol tim tamu dengan lesakan di menit ke-55 namun pada akhirnya blunder-blunder Onana membuat tuan rumah tetap bisa menuntaskan comeback.

Onana tidak mampu menahan dengan baik free kick kedua Ziyech dan bola justru masuk ke dalam gawangnya sendiri. Kemudian juga ada tembakan Kerem Akturkoglu ke arah tiang dekat yang gagal digapai olehnya.

Opta mencatat jika kini sudah ada 14 gol yang bersarang di gawang Andre Onana di Liga Champions 2023/2024 dan ini adalah jumlah gol terbanyak yang pernah Manchester United derita dari lima laga awal fase grup kompetisi tersebut.

Kini secara keseluruhan musim ini Onana juga telah kebobolan 33 kali dan lagi-lagi Opta menemukan fakta jika 2023/2024 menjadi periode terburuk Iblis Merah dalam hal pertahanan sejak 1962/1963 dimana ada 43 gol yang masuk hanya dari 20 pertandingan pertama.

Onana sebaiknya berhati-hati karena ia pastinya tidak mau masuk dalam daftar kiper-kiper terburuk dalam sejarah Manchester United seperti nama-nama berikut.