Liga Inggris

Andre Onana Bisa Dilarang Main untuk Manchester United Jika Ogah Tampil di Piala Afrika

Jumat, 1 Desember 2023 19:39 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Umit Bektas
Andre Onana bisa dilarang main untuk klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bahkan jika ogah tampil di Piala Afrika 2023 bersama Timnas Kamerun. Copyright: © REUTERS/Umit Bektas
Andre Onana bisa dilarang main untuk klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bahkan jika ogah tampil di Piala Afrika 2023 bersama Timnas Kamerun.

INDOSPORT.COM – Andre Onana bisa dilarang main untuk klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, bahkan jika ogah tampil di Piala Afrika 2023 bersama Timnas Kamerun.

Andre Onana diperkirakan akan mendapatkan panggilan skuad Timnas Kamerun utnuk Piala Afrika 2023 di Pantai Gading pada 13 Januari sampai 11 Februari 2024.

Jika Timnas Kamerun dapat melaju hingga partai puncak Piala Afrika, mantan kiper Inter Milan tersebut akan melewatkan enam laga Setan Merah di Liga Inggris dan Piala FA.

Namun, ada kekhawatiran dalam lubuk hati kiper berusia 27 tahun itu bahwa dia mungkin saja akan kehilangan tempatnya sebagai kiper nomor satu pilihan Erik ten Hag apabila berangkat ke Piala Afrika nanti.

Hal itu juga tidak lepas dari serangkaian blunder yang ditunjukkan Andre Onana, apalagi sang kiper bertanggung jawab atas tiga gol yang bersarang di gawangnya saat Manchester United ditahan imbang Galatasaray 3-3 di Liga Champions.

Akan tetapi, bila Kamerun memanggilnya, Onana dapat dilarang tampil bagi Man United menurut aturan FIFA selama Piala Afrika berlangsung.

“Pemain yang dipanggil oleh asosiasinya untuk salah satu tim perwakilannya, kecuali disetujui oleh asosiasi terkait, tidak berhak bermain untuk klubnya sendiri selama periode dia sudah dilepas atau seharusnya telah dilepas…,” bunyi aturan FIFA.

Hal ini berarti Timnas Kamerun akan memberikan Man United dan Onana dispensasi untuk bermain jika sang kiper menolak untuk bermain bagi negara yang telah memanggilnya untuk turnamen Piala Afrika.

Menariknya, Joel Matip dan Liverpool ternyata pernah terlibat dalam situasi yang sama ketika bek itu dipanggil Timnas Kamerun di Piala Afrika 2017.

Selain itu, Erik ten Hag juga sudah mengisyaratkan bahwa siap menampilkan Altay Bayindir untuk menjaga gawang Manchester United nanti.