x

3 Pemain Indonesia yang Hengkang ke Luar Negeri untuk Musim 2018

Senin, 4 Desember 2017 14:43 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini

Catatan penampilan gemilang yang berhasil ditorehkan oleh sejumlah pemain Indonesia pada musim ini kemungkinan menjadi pertimbangan terbesar bagi sejumlah klub di luar negeri untuk menggaet mereka. 

Penampilan para pemain sepakbola Indonesia di kancah liga domestik seperti Liga 1 sebagai kasta tertinggi di Tanah Air, ditambah lagi dengan performa mereka di tingkat internasional saat membela tim nasional menjadi dua momen yang dijadikan acuan dalam perekrutan.

Baca Juga

Indonesia mencatat cukup banyak pemain tanah air yang dilirik oleh sejumlah klub besar di luar negeri. Sebut saja Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas yang sempat membela sebuah klub besar di negeri Jiran, Malaysia. 

Musim ini pun, tercatat sejumlah pemain Indonesia yang memutuskan untuk mengembangkan kemampuan mereka serta melanjutkan kiprah mereka sebagai pemain sepakbola di luar negeri. Sebut saja Ezra Walian yang memutuskan untuk berlaga di klub Belanda, Almere City.

Ezra Walian dalam laga Almere City kontra Jong AZ.

Usai mengakhiri rangkaian laga sepakbola di Indonesia musim ini, rupanya sejumlah pemain dalam negeri telah siap mencoba peruntungan mereka untuk membela tim asal negara lain musim depan.

Dengan melebarkan sayap ke klub luar negeri, akan membantu memperkenalkan sepakbola Indonesia di kancah internasional. Berikut INDOSPORT berhasil merangkum tiga pemain Indonesia yang siap untuk membela klub di luar Indonesia pada musim 2018 nanti:


1. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas Darmono saat melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Myanmar.

Bintang Bhayangkara FC ini akhirnya siap melebarkan sayapnya ke negeri Jiran Malaysia sebagai salah satu pemain dari klub raksasa di sana, Selangor FA musim 2018 nanti. 

Pemain asal Surabaya itu baru saja menetapkan hatinya di klub Selangor FA usai beberapa waktu lalu secara resmi melakukan penandatangan kontrak dengan klub besar kota Selangor, Malaysia tersebut. 

Berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani, Selangor akan menjadi klub yang dibela oleh selama semusim penuh. Jika penampilan Evan selama membela Selangor nanti konsisten dan berkembang, bukan tidak mungkin dirinya akan melakukan perpanjangan kontrak. 

Kepindahan Evan ke Malaysia memang mengejutkan dan cukup mengundang pro kontra, melihat banyak dari pendukung Persebaya yang sebelumnya berharap agar pemain muda tersebut kembali untuk membela Bajul Ijo yang baru saja promosi ke Liga 1 musim depan. 


2. Ilham Udin Armayn

Ilham Udin Armayn eks timnas U-19 yang bergabung PS Polri di Piala Bhayangkara

Berasal dari agen dan tim yang sama dengan Evan Dimas, Ilham Udin pun memperoleh kesempatan untuk memperkuat klub raksasa Malaysia, Selangor FA pada musim depan nanti. 

Hal tersebut nampak lewat momen yang dibagikan oleh agen kedua pemain tersebut, Mulyawan Munial lewat akun Instagram pribadinya, saat Evan dan Ilham tengah melakukan penandatangan kontrak dari Selangor FA. 

Pemain Bhayangkara tersebut memang sebelumnya telah dirumorkan akan menyusul rekannya itu ke Malaysia, dan benar saja, Ilham akan menjalani kontrak semusim penuh pada 2018 nanti, sama seperti Evan Dimas. 

Bicara soal gaji, Ilham Udin kemungkinan besar akan menerima jumlah berkali-kali lipat dari yang ia dapatkan di Bhayangkara. Melihat berdasarkan data rilisan Transfermarkt, Ilham tercatat memiliki nilai pasar mencapai 90 ribu poundsterling atau 1,6 miliar. 


3. Ryuji Utomo

Ryuji Utomo resmi bergabung dengan klub Thailand

Ryuji Utomo akhirnya dipastikan hengkang dari Persija dan merapat ke klub Thailand, PTT Rayong usai dirinya menandatangani kontrak dengan klub divisi dua negeri gajah putih tersebut. 

Rumor soal kepindahan Ryuji ke Thailand memang sudah santar terdengar sebelum dirinya dipastikan hengkang ke PTT Rayong. Hal tersebut nampak usai dia bersama sang agen, Gabriel Budi menjalani tes kesehatan di Thailand. 

Sebelumnya, Bos Persija Gede Widiade selaku Direktur Utama Persija menuturkan  bahwa memang tidak akan melepas Ryuji ke pesaing di Liga 1. Namun, terbuka andai ada klub luar negeri yang tertarik membayar Ryuji lebih besar.

Akhirnya, Ryuji mendapat tawaran dari klub Divisi 2 Liga Thailand, PTT Rayong. Klub tersebut sendiri tercatat pada 2017 ini, berhasil mengakhiri musim di urutan kelima.

Persija JakartaEvan DimasIlham Udin ArmaiynSelangor FARyuji Utomo PrabowoLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1

Berita Terkini