x

Nostalgia Buruk Gianluigi Buffon Kala Bertanding di Inggris

Kamis, 8 Maret 2018 00:56 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Gianluigi Buffon.

Juventus akan bertandang ke tanah Inggris untuk menghadapi tuan rumah Tottenham Hotspur dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions musim 2017/18 di Stadion Wembley, Kamis (08/03/18) dini hari ini.

Bermain imbang 2-2 pada pertandingan pertama, peluang Juventus untuk bisa melaju ke babak selanjutnya bisa dibilang relatif lebih kecil dibanding Spurs. Terlebih Si Nyonya Tua memiliki catatan rekor yang buruk jika bertandang ke negeri Ratu Elizabeth.

Jika sampai terjadi Juventus gagal melaju ke babak selanjutnya, hal tersebut bisa menjadi sebuah penanda buruk bagi akhir karier penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon di tanah Inggris.

Baca Juga

Seperti banyak diketahui, penjaga gawang legendaris Italia tersebut telah menyatakan ingin pensiun pada akhir musim ini kecuali jika Juventus mampu menjuarai Liga Champions.

Dan sama seperti timnya Bianconeri, selama ini Buffon yang sudah menginjak usia 40 tahun ini memiliki catatan yang kurang bagus ketika bermain di tanah Inggris, baik dalam level klub maupun timnas. 

Ekspresi wajah Gianluigi Buffon pada laga saat melawan Tottenham Hotspur.

Dirinya telah mengalami tujuh kekalahan dari dari 11 pertandingan yang pernah dilaluinya. Kekalahan tersebut termasuk dua pertandingan di Liga Champions bersama Juventus.

Untuk mengenang lebih, berikut INDOSPORT merangkum beberapa pertandingan Buffon di tanah Inggris selama kariernya.


1. Arsenal vs Juventus, Highbury, Desember 2001

Arsenal vs Juventus

Setelah menjadi kiper termahal di dunia saat di transfer Juventus dari Parma pada musim panas 2001. Buffon menjadi bagian skuat Si Nyonya tua dalam lawatan mereka ke Stadion Highbury markas Arsenal.

Dalam pertandingan pertama Buffon di tanah Inggris tersebut, dirinya harus merasakan dibobol 3 kali oleh Thierry Henry dan 2 gol Fredrik Ljungberg.

Pertandingan yang merupakan lanjutan putaran kedua fase grup Liga Champions 2001/02 tersebut, Juventus harus mengakui keunggulan Meriam london 3-1.


2. Newcastle vs Juventus, St James Park, Oktober 2002

Newcastle vs Juventus

Setahun berselang, pemain kelahiran 28 Januari 1978 kembali ke tanah Inggris untuk menghadapi Newcastle. Masih dalam pertandingan Liga Champions, pertandingan tersebut bisa dikatakan sebgai salah satu pertandingan terburuk yang pernah dilalui Buffon di Inggris.

Dalam pertandingan tersebut Buffon melakukan sebuah kesalahan fatal yang berujung gol bagi The Toon Army. Saat itu dirinya berusaha menghalau bola umpan silang Andy Griffin, namun sayang bola yang menyusur tanah justru berbelok kedalam gawang setelah menyentuh bagian tubuhnya.

Pertandingan yang berakhir 1-0 itu juga menjadi sebuah prestasi besar bagi Newcastle karena berhasil mengalahkan tim besar Italia yang diperkuat banyak pemain hebat seperti Pavel Nedved, Ciro Ferrara dan Edgar Davids. 


3. Juventus vs AC Milan, Old Trafford, Mei 2003

Juventus vs AC Milan

Jika sebelumnya merupakan pertandingan fase grup. Tahun 2003 Buffon kembali ke Inggris dalam laga maha penting Final Liga Champions 02/03 menghadapi rival satu negaranya AC Milan.

Pertandingan yang berlangsung di markas Manchester United, Stadion Old Trafford itu juga berakhir buruk bagi kiper utama timnas Italia itu.

Bermain imbang dalam waktu normal hingga perpanjangan waktu. Dan mampu menahan tendangan penalti Clarence Seedorf dan Kakha Kaladze, timnya saat itu Juventus harus mengakui keunggulan Rossoneri dalam adu penalti yang berkesudahan 3-2.


4. Manchester City vs Juventus, Etihad Stadium, September 2015

Caption

Jika kebanyakan lawatan Buffon ke Inggris berujung kekalahan, satu pertandingan yang berhasil manis buatnya adalah ketika bertamu ke Stadion Etihad pada 2015.

Menghadapi tuan rumah Manchester City, Buffon berhasil memimpin rekan-rekannya untuk meraih kemenangan dengan skor 1-2. Gol Juventus dicetak Mario Mandzukic dan Alvaro Morata. Sementara gol balasan Citizen dicetak Raheem Sterling.

Sementara di sisa pertandingan, Buffon tampil brilian dengan menggagalkan banyak peluang The Citizen yang mengarah ke gawangnya.


5. Statistik Lengkap Buffon di Inggris

Gianluigi Buffon.

Hanya sekali menang kontra Manchester City, tentu tidak membuat rekor Juventus dan Buffon di Inggris terlihat bagus.

Total 15 kunjungan ke Inggris, Buffon hanya tercatat 4 kali menang, dua kali bersama Timnas Italia dan dua bersama klub.

Berikut catatan lengkap pertandingan yang telah dilalui penjaga gawang 40 tahun asal Italia ini.

Rekor buffon
InggrisArsenalManchester CityLiga ChampionsAC MilanJuventusGianluigi BuffonNewcastle United

Berita Terkini