x

5 Rekor yang Ditorehkan Salah Usai Cetak Quattrick ke Gawang Watford

Minggu, 18 Maret 2018 09:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
Mohamed Salah usai mencetak quattrick

Catatan empat gol pemain Liverpool Mohamed Salah ketika berhadapan dengan Watford membuat namanya kini memimpin top skor sementara Liga Primer Inggris dengan 28 gol, unggul empat gol dari pesaing terdekatnya Harry Kane.

Bukan hanya di Inggris, jumlah 28 gol Salah tersebut membuat dirinya menjadi pemain tersubur di lima  liiga top Eropa sampai saat ini. Mengalahkan Messi yang baru mencetak 24 gol di La Liga Spanyol, Ciro Immobile 24 gol di Serie A Italia, Edinson Cavani 24 gol di Ligue 1  Prancis dan Robert Lewandowski di Bundesliga Jerman.

Skuat Liverpool merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Watford.

Selain itu, empat gol yang ditorehkanya semalam, membuat namanya mencatat dan memecahkan berbagai rekor yang pernah ada di level klub maupun kompetisi Liga Primer Inggris.

Apa saja rekornya, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Baca Juga

1. Pencetak Gol Terbanyak Liverpool dalam Satu Musim

Caption

Ketika kedatangan Salah ke Liverpool awal musim ini, tidak ada satupun penggemar Liverpol yang menyangka mantan pemain AS Roma itu akan menjadi mesin gol tim Merseyside merah.

Posisinya yang sebagai winger kanan menjadi alasan utamanya. Jika dibandingkan dengan pemain yang menempati posisi penyerang lubang, persentase dirinya untuk mendapat peluang mencetak gol jelas akan lebih sedikit.

Namun semua berubah seiring jalannya waktu. Gol demi gol mengalir dari kaki kiri, kanan dan kepala pria Mesir 25 tahun itu. 

Sampai saat ini Salah sudah mencetak 36 gol bagi Liverpool di semua kompetisi. Jumlah tersebut membawa namanya menjadi pemain tersubur Liverpool dalam satu musim. Mengalahkan rekor milik Fernando Torres yang berhasil mencetak total 33 gol pada musim 07/08 dan Luis Suarez dengan 31 gol pada musim 13/14.

Nilai lebih bagi Salah, dia memecahkan rekor tersebut ketika musim masih menyisakan beberapa bulan. Itu artinya Salah masih mungkin untuk mempertajam catatan rekornya tersebut, melebihi jumlah 36 gol.


2. Pemain Liverpool Pertama yang Cetak Hattrick Saat Dilatih Klopp

Jurgen Klopp dan Mohamed Salah.

Sebelum pertandingan menghadapi Watford, Salah belum pernah mencetak lebih dari dua gol buat Liverpool dalam satu pertandingan.

Sehingga terlihat sekali ketika sudah mencetak dua gol di babak pertama, Salah begitu ngotot untuk menambah satu gol lagi untuk mencatatkan tiga gol atau hattrick.

Namun dibabak kedua yang didapat adalah lebih, bukan satu gol tambahan, melainkan dua. Dan itu membawa namanya menjadi pencetak quattrick dalam laga tersebut.

Catatan quattrick dan juga hattrick yang dicetak Salah ternyata merupakan rekor tersendiri bagi Liverpool dibawah asuhan Jurgen Klopp. Sejak kedatangan manajer asal Jerman itu pada 2015, belum ada pemain Liverpool yang mampu mencetak hattrick dalam satu pertandingan. Dan Salah menjadi yang pertama.


3. Pemain Liverpool yang Mencetak Quatrick

Mohamed Salah selebrasi pasca mencetak gol ke gawang Watford.

Catatan empat gol atau quattrick yang dicetak Mohamed Salah juga membuat namanya kini sejajar dengan para penyerang legenda Liverpool yang sebelumnya pernah melakukan hal serupa.

Mereka adalah Robie Fowler ketika menghadapi Bolton dan Middllesbroungh. Michael Owen ketika menghadapi Nottingham Forest dan Westbromwich dan yang maling mutahir adalah Luis Suarez ketika menghadapi Norwich musim 13/14.


4. Empat Gol dengan Empat Tendangan

Arshavin.

Buat seorang pesepakbola mencetak empat gol saja sudah sangat luar biasa. Namun bagaimna jika itu dilakukannya hanya dengan empat kali tembakan ke arah gawang dalam satu pertandingan. Dan itulah yang dilakukan Mohamed Salah semalam.

Melakukan 57 sentuhan bola, lima kali melewati pemain lawan, tiga kali menciptakan peluang, satu kali mencetak assist, Salah juga tercatat mencetak empat gol dalam total hanya empat tendangan ke gawang yang dilakukannya dalam laga tersebut.

Itu menjadi rekor tersendiri bagi pemain di Liga Primer Inggris, karena pemain yang terakhir pernah melakukannya hanya pemain Arsenal Andrei Arshavin kala menghadapi Liverpool pada 2009 silam.


5. Pemain Mesir Pertama

Mohamed Salah menjadi pahlawan Mesir.

Berasal dari Mesir, negara Afrika yang jarang mengekspor pemain ke Liga Primer Inggris, Mohamed Salah mampu menunjukan bahwa negaranya mampu mencetak bakat luar biasa di lapangan hijau.

Hal tersebut diwujudkannya dalam bentuk quattrick dalam laga menghadapi Watford. Dirinya menjadi pemain asal Mesir pertama yang berhasil mencetak quattrick (juga hattrick) di Liga Primer Inggris.

Hal tersebut membawa nama Mesir sejajar dengan 10 negara Afrika lainnya yang pemainnya pernah melakukan hattrick di Liga Primer Inggris, seperti Senegal, Kamerun ataupun Pantai Gading.

Dengan raihan Salah tersebut juga membawa Mesir menjadi negara ke-43 di dunia yang pemainnya mencetak hattrick di Liga Primer Inggris.

LiverpoolFernando TorresLuis SuarezMichael OwenMohamed SalahRobbie FowlerMesirLiga Primer InggrisWatfordLiga Inggris

Berita Terkini