x

Seperti di Eropa, Ini 3 Alat Canggih yang Akan Dipakai Wasit Liga 1 2018

Kamis, 22 Maret 2018 19:25 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
Wasit dan VAR

PT LIB selaku pelaksana Liga 1 Indonesia memastikan akan menggunakan alat terbaru untuk wasit di kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia tersebut.

"Kami akan dilengkapi dengan handsfree, spray, dan papan pergantian elektronik. Namun, mungkin baru diaplikasi pada putaran kedua," ujar Mustafa Umarella seperti dikutip dari Bola Sport.

Wasit Liga 1.

Para wasit akan memakai peralatan seperti Handsfree, Vanishing Spray, dan Papan Elektronik. Namun, belum ada keterangan resmi terkait kapan penggunaan ini akan dilakukan.

Ada kabar yang menyebut bahwa pelaksanannya baru akan efektif di pertenaghan musim mendatang. Atau pertengahan Juli 2018 nanti.

Baca Juga

Berikut 3 alat baru yang akan dipakai para wasit di Liga 1 Indonesia musim 2018:


1. Papan Elektronik

Wasit dan Papan Elektronik

Pada musim lalu Liga Indonesia selalu memakai papan pergantian manual. Nah, untik Liga 1 2018 nanti, papan pergantian pemain yang biasa digunakan wasit keempat dalam pertandingan rencananya akan memakai papan elektronik.

Namun penggunaan alat ini belum bisa dipastikan apakah akan dipakai di semua Stadion atau hanya Stadion tertentu.


2. Handsfree

Wasit dan Handsfree

Pada kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2017 lalu, beberapa wasit, sejatinya sudah menggunakan alat ini. Namun itu terbatas untuk beberpaa wasit saja, terkhusus wasit asing.

Alat ini diharapkan bisa membantu wasit agar bisa berkomunikasi dengan efektif dengan wasit lainnya. Sehingga keputusan-keputusan krusial yang harus diambil wasit bisa lebih objektif.


3. Vanishing Spray

Wasit dan Vanishing Spray

Vanishing Spray juga dikenal dengan sebutan 'vanishing foam'. Alat ini digunakan untuk memberikan penanda visual sementara di lapangan sepakbola kepada para pemain. 

Hal ini paling sering digunakan wasit untuk menunjukkan jarak minimum pemain yang akan melakukan eksekusi bola mati (set piece) dengan pemain yang akan bertindak sebagai 'pagar' sementara.

WasitLiga IndonesiaLiga 1Profil Tim Liga 1 2018

Berita Terkini