x

Satu Sponsor Utama Liga 1 Undur Diri, PT LIB Rugi Puluhan Miliar?

Kamis, 22 Maret 2018 21:04 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Direktur utama LIB, Berlinton Siahaan.

Salah satu sponsor utama Liga 1 2018, Traveloka baru saja dikonfirmasi oleh PT LIB mengundurkan diri sehari sebelum liga dimulai.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak memungkiri mengalami kerugian pasca mundurnya Traveloka sebagai sponsor utama Liga 1 musim 2018. Namun mereka enggan menjabarkan akan total kerugian yang mereka alami.

Baca Juga

1. Enggan Menjabarkan

Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan (tengah) saat mengumumkan perubahan titel Liga 1 musim 2018 di Kantor LIB, Jakarta. Perubahan titel karena Traveloka undur diri sebagai sponsor.

Dengan hilangnya Traveloka hampir dipastikan PT LIB mengalami kerugian sebesar 90 miliar. Disinggung akan hal ini Direktur Utama PT LIB, Berlinton Siahaan enggan menjabarkan.

"Kalau kerugian kita belum hitung. Bahkan langkah apa yang akan kita tempuh terhadap Traveloka juga belum sampai di situ," ucap Berlinton di kantor PT LIB, Jakarta.


2. Penggantian Logo

Logo Liga 1.

Selain kerugian materi, PT LIB juga kerugian in materil. Sebab setidaknya dengan mundurnya Traveloka PT LIB harus mengganti titel dan mengganti logo Liga 1 musim 2018.

"Kita sudah pastikan ganti logo dan titel. Untuk titel memang menjadi Gojek Liga 1. Tapi kan logo yang ada kita sudah sebar ke 18 klub seluruh Indonesia," jelas Berlinton.

"Tapi saya pastikan saat kick off nanti untuk on air logo sudah berubah. Namun untuk off air seperti logo di patch pada klub kami berikan waktu lah tidak sampai kick off. Tapi tetap secepatnya sudah berubah semua," tutup Berlinton.


3. Perkiraan Kerugian

Logo Liga 1.

Namun bila berkaca dari nilai sponsor musim 2017, ketika Traveloka dan Gojek yang menjadi sponsor utama kala keduanya membayar Rp180 miliar.

Kini bila dibagi dua dari angka tersebut masing-masing dua sponsor utama itu membayar sebanyak Rp90 miliar.

Liga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini