x

Kisah Haru di Balik Banner 3D Bobotoh yang Disorot Media Asing

Kamis, 19 April 2018 07:13 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Gerry Crisandy
Koreografi Bobotoh

Liga 1 2018 telah memasuki pekan ke-4. Di musim ini, semakin banyak fans fanatik yang kreatif dalam mendukung klub kesayangannya berlaga. Jika sebelumnya koreo ala The Jakmania yang menggemparkan media asing, pendukung Persib Bandung, Bobotoh juga tidak mau kalah.

Baca Juga

Dilansir dari laman resmi Persib Bandung, para bobotoh telah membuat dua desain yang berbeda. Bahkan, konfigurasi tiga dimensi yang mereka buat pada laga lawan PS Tira dan Mitra Kukar disorot hingga ke media asing.


1. Perjuangan Pembuatan Tampilan 3D

Mozaik 3D dari para Bobotoh Persib Bandung

Pembuatan koreografi Bobotoh untuk mendukung Persib Bandung tidaklah mudah sebab mereka mengorbankan banyak hal, seperti waktu, uang hingga tenaga. Semua perjuangan tersebut tidak terasa apabila untuk mendukung tim kesayangan berlaga.

"Ini kerja untuk tim kebanggaan, jadi ingin maksimal. Berapa dana dan bagaimana sulitnya, tidak perlu tahu, kita menikmatinya. Semua terbayar oleh hasil maksimal tim," kata salah satu tim kreatif VPC, Bob, di Stadion PERSIB seperti yang dilansir dari laman resmi mereka.


2. 2 Konfigurasi Besar Bobotoh

Bobotoh menampilkan dua desain mozaik 3D berbeda di dua laga kandang.

Sejauh ini, Persib Bandung sudah memainkan dua laga kandang, yakni menjamu PS Tira dan juga Mitra Kukar. Dalam kedua pertandingan tersebut, Bobotoh sudah membuat dua konfigurasi yang berbeda, yakni Viking memegang dua piala kebanggaan dan gambar sang pelatih dengan tulisan ‘bangkit’.

Gambar Viking memegang dua piala, yaitu Ligina 1995/95 dan ISL 2014 dikerjakan oleh 60 orang Bobotoh secara sukarela. Sementara itu, gambar Roberto Gomez dibuat oleh 10 orang dengan waktu satu minggu.


3. Keinginan Terpendam Bobotoh

Bobotoh mulai berdatangan ke stadion GBLA.

Para Bobotoh mengaku tidak asal dalam membuat konfigurasi gambar lantaran mereka menginginkan apa yang dibuat dapat dinikmati oleh para penonton di seluruh Indonesia, khususnya yang melihat tayangan melalui saluran televisi.

"Kita cari-cari membandingkan dengan suporter lain. Intinya kita ingin selalu maksimal, dari mulai gambarnya, teknik penyajiannya hingga pesan, makna yang akan kita sampaikan," lanjut salah satu tim kreatif Bobotoh tersebut.

Persib BandungMitra KukarBobotohLiga IndonesiaRoberto Carlos Mario GomezPS TIRA

Berita Terkini