x

5 Klub Raksasa Inggris Pernah Jadi Korban Keganasan Burnley

Minggu, 6 Mei 2018 13:44 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

Klub yang bisa disebut tim gurem dari Liga Primer Inggris, Burnley, mengejutkan publik sepakbola dunia usai mereka dipastikan bakal berlaga di kompetisi Eropa musim depan.

Berada di peringkat ke-7, dengan Juara FA dan Piala Liga (Carabao Cup) berada di 6 besar, otomatis Burnley layak mendapat jatah tiket untuk memulai Liga Europa dari babak kualifikasi peringkat ke-3.

Mengakhiri musim di peringkat ke-7, tentu saja menjadi pencapaian spesial untuk anak-anak asuh Sean Dyche. Pasalnya peringkat tertinggi klub, yaitu peringkat ke-6, terjadi pada musim 1973/74 silam.

Melihat posisi Burnley di klasemen Liga Primer Inggris saat ini, tentunya itu bukan sebuah kebetulan. Klub berjuluk The Clarets ini beberapa kali menunjukkan bahwa mereka mampu menyulitkan klub-klub raksasa Inggris ketika bertemu di pertandingan liga.

Oleh karena itu, dengan momentum masuknya mereka ke Liga Europa musim depan, INDOSPORT merangkum sebanyak 5 klub raksasa atau biasa disebut Big Five Liga Primer Inggris, yang pernah jadi korban keganasan Burnley musim ini.

Baca Juga

1. Chelsea

Chelsea vs Burnley.

Chelsea, yang juara di musim 2016/17 lalu, mungkin memiliki pengalaman pahit kala bertemu Burnley dibanding 4 tim lainnya dalam Big Five ini. 

Pasalnya, pertemuan ini terjadi di laga pembuka musim ini, dan berakhir untuk kemenangan 3-2 Burnley. Lebih kronisnya, kekalahan yang dialami The Blues terjadi di markas mereka sendiri, Stamford Bridge.

Bahkan Burnley mampu unggul tiga gol sebelum turun minum, berkat gol-gol dari 2 gol Sam Vokes dan Stephen Ward. Chelsea hanya mampu membalas dua gol berkat Alvaro Morata dan David Luiz di laga tersebut.


2. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur vs Burnley

Tottenham menjadi tim kedua musim ini yang merasakan seberapa sulitnya menghadapi Burnley, bahkan di markas mereka sendiri, Wembley Stadium pada pekan ke-3 Liga Primer Inggris.

Tottenham sebenarnya memegang kendali permainan dan unggul lebih dulu pada menit ke-49 berkat gol Dele Alli. Tapi, Burnley selamat dari kekalahan berkat gol Chris Wood di penghujung laga.


3. Liverpool

Duel antara pemain Liverpool vs Burnley.

Inilah tim ketiga yang tidak mampu menang kontra Burnley, padahal mereka bermain sebagai tim tuan rumah. Terlebih lagi, menurut Soccerway.com, Burnley hanya menguasai bola dengan presentase sebesar 33% sepanjang laga ini.

Kali ini, Burnley mampu unggul lebih dulu lewat gol Scott Arfield pada menit ke-27. Sementara Liverpool membalasnya 3 menit kemudian lewat gol Mohamed Salah.


4. Manchester United

Manchester United vs Burnley

Ini merupakan salah satu hasil yang mengagetkan banyak fans sepakbola, khususnya fans Manchester United. Bermain di stadion keramat mereka, Old Trafford, skuat asuhan Jose Mourinho tidak mampu mengamankan tiga poin.

Bahkan lebih menyedihkan lagi, Burnley unggul dua gol lebih dulu lewat gol-gol Ashley Barnes dan Steven Defour, masing-masing di menit ke-3 dan ke-36.

Man United sendiri mencetak gol pada menit ke-53 dan ke-91 berkat dua gol dari Jesse Lingard. Muka MU pun terselamatkan dari kekalahan.


5. Manchester City

Burnley vs Manchester City

Ternyata, juara Liga Inggris ini pernah merasakan keganasan Burnley, yang terjadi pada pekan ke-26 Liga Primer Inggris, Februari 2018 lalu.

Mampu mencetak gol terlebih dulu lewat Danilo pada menit ke-22, ternyata bukan jaminan untuk City bisa bawa pulang tiga poin.

Johann Gudmundsson berhasil menyelamatkan timnya, dengan golnya pada menit ke-82. Burnley menahan imbang Man City.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaManchester CityTottenham HotspurBurnleyLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini