x

4 Hal yang Harus Dipelajari Liverpool dari Pertandingan El Clasico

Sabtu, 26 Mei 2018 12:50 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Liverpool vs Real Madrid.

Real Madrid akan ditantang oleh wakil Inggris, Liverpool di kompetisi paling bergengsi di Benua Eropa, yakni Liga Champions musim 2017/18. Laga ini akan digelar di Stadion NSK Olimpiyskiy Kiev, pada Minggu (27/05/18) dini hari WIB.

Jelang pertandingan sarat gengsi tersebut, The Reds bisa mengintip kekuatan Real Madrid dan belajar dari rival Madrid, yakni Barcelona. Keberhasilan Barcelona menahan Madrid di laga El Clasico jilid terakhir patut dicontoh oleh anak asuh Jurgen Klopp.

Lantas, apa saja yang harus dipelajari oleh Liverpool dari laga El Clasico? Berikut INDOSPORT rangkum ulasannya.

Baca Juga

1. Mematikan Peran Benzema

Karim Benzema, striker Real Madrid.

Karim Benzema memang mengalami penurunan performa di musim ini. Tercatat, mantan penyerang Olympique Lyon itu baru berhasil mencetak sebanyak 11 gol di musim ini. Namun, pergerakan dan penempatan posisi Benzema kerap memudahkan rekan setim lainnya mencetak gol.

Hal ini bisa diantisipasi oleh para pemain bertahan Liverpool. Tugas mematikan pergerakan Benzema bisa dipercayakan Liverpool kepada Dejan Lovren. Sementara itu, Virgil van Dijk mendapatkan tugas yang lebih berat, yakni mengawasi Cristiano Ronaldo.


2. Memanfaatkan Celah Marcelo

Marcelo saat cetak gol ke gawang PSG.

Marcelo merupakan salah satu pemain penting di skuat Real Madrid dalam beberapa musim terakhir. Pemain berkebangsaan Brasil itu dikenal kuat dalam bertahan dan sering membantu penyerangan. Liverpool bisa memanfaatkan celah tersebut.

Di saat Marcelo sedang membantu serangan, para pemain Liverpool yang dikenal mempunyai kecepatan bisa menusuk dan memanfaatkan posisi Marcelo sebagai titik lemah.


3. Jangan Biarkan Luca Modric Nyaman Memegang Bola

Luka Modric, playmaker Real Madrid.

Para pemain tengah Liverpool bisa memanfaatkan kekuatan Jordan Hendarson dan Georginio Wijnaldum untuk mengawal dengan ketat gelandang Real Madrid, Luca Modric. Pasalnya, Modric merupakan sosok vital serangan Real Madrid saat ini.

Barcelona gagal menerapkan strategi tersebut di laga El Clasico. Hal itu membuat Modric dengan mudah membantu Madrid untuk mengacak-acak pertahanan Barcelona.


4. Liverpool Fokus Menyerang dari Kiri

Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Real Madrid saat ini tengah krisis pemain di posisi fullback kanan. Pasalnya, pemain yang sering menempati posisi tersebut, yakni Dani Carvajal tengah diterpa cedera hamstring. Sementara, Lucas Vazquez dan Nacho Fernandez yang kerap dioperasikan di posisi itu tak bisa memberikan rasa nyaman.

Liverpool bisa saja mengeksploitasi sisi kanan Real Madrid oleh para penyerangnya yang memiliki kecepatan. Sadio Mane diyakini bisa memerankan peran tersebut dan membombardir lini pertahanan Real Madrid.

Real MadridCristiano RonaldoLiverpoolMarceloLuka ModricLiga ChampionsKarim BenzemaMohamed SalahEl ClasicoBola Internasional

Berita Terkini