x

Imbas Protes Keras, Kiper Persija Dijatuhi Hukuman Berat oleh AFC

Selasa, 12 Juni 2018 16:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Kiper Persija Jakarta, Daryono (ketiga dari kiri) saat melakukan protes keras kepada wasit asal Arab, Turki Al Khudair.

Komite Disiplin (Komdis) AFC mengeluarkan beberapa putusan baru berdasarkan hasil sidang 31 Mei dan 1 Juni lalu. Setidaknya sebanyak 86 putusan dihasilkan kali ini.

Dari 86 hasil putusan tersebut, terdapat beberapa hasil yang dijatuhkan untuk tim asal Indonesia, Persija Jakarta. Seperti yang tertuang pada poin 82 yang menjelaskan hukuman dijatuhkan kepada penjaga gawang Persija Jakarta, Daryono.

Baca Juga

1. Daryono Dihukum Berat

Wasit asal Arab, Turki Al Khudair (kanan) kerap mendapat protes dari pemain Persija saat melawan Home United.

Daryono yang melakukan protes keras kepada wasit asal Arab, Turki Al Khudair saat Persija menjamu Home United di leg kedua babak semifinal zona Asia Tenggara di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 15 Mei lalu. Daryono yang duduk di bangku cadangan melakukan protes keras dan diberikan kartu merah.

Akibat insiden ini Daryono dilarang bermain selama enam bulan karena melanggar Pasal 47 Kode Disiplin dan Kode Etik. Selain itu, Daryono harus membayar Rp69 juta.


2. Keputusan Janggal

Persija Jakarta vs Home United.

Selain hukuman dijatuhkan untuk Daryono, ada satu putusan yang sedikit janggal, yakni pada poin 83, AFC memberikan hukuman kepada Ivan Carlos. 

Striker Persija itu dihukum larangan bermain enam pertandingan. Ia dianggap melanggar Pasal 50 Kode Disiplin dan Kode Etik karena menantang keputusan. Yang menjadi permasalahan adalah Ivan Carlos tidak masuk skuat. Ivan Carlos juga didenda 5000 dolar Amerika Serikat. Sama seperti Daryono, denda harus diselesaikan dalam waktu 30 hari.


3. Panen Hukuman

Selebrasi gol para pemain Home United ke gawang Persija.

Hukuman Persija lainnya tertuang dalam poin 76, 84, dan 85. Pada poin 76, Panpel Persija dianggap tidak bisa mengorganisasi pertandingan saat berhadapan dengan Johor Darul Ta'zim pada 10 April lalu.

Itu karena ulah penonton yang melemparkan gulungan pita ke dalam lapangan yang membuat Persija didenda 5000 dolar AS. Adapun poin 84, yakni seorang yang terafiliasi dengan Persija disebut memukul ofisial keempat saat menjamu Home United. Persija juga didenda 5000 dolar AS karena persoalan ini.

Sedangkan poin ke-85 karena pelanggaran Pasal 31 Peraturan Peralatan AFC. Persija didenda 2000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp27 juta karena dianggap melanggar Pasal 31.4 ketika melawan Home United 15 Mei lalu.

Berikut jadwal lengkap siarang langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Persija JakartaThe JakmaniaAFC CupBola InternasionalDaryonoHome UnitedIvan Carlos

Berita Terkini