x

Tak Cuma Persija Jakarta, PSSI Juga Kena Hukum AFC

Selasa, 12 Juni 2018 17:08 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria tengah mengadakan jumpa pers di Kantor PSSI.

Komisi Disiplin (Komdis) AFC telah mengeluarkan beberapa poin hukuman. Dari beberapa poin ini dijatuhkan kepada wakil Indonesia.

Komdis AFC melakukan sidang kode etik pelanggaran pada 31 Mei dan 1 Juni lalu. Dari sidang ini AFC memberikan beberapa hukuman kepada beberapa pemain Persija Jakarta. Namun tak hanya tim Macan Kemayoran yang mendapat hukuman, sebab induk federasi sepakbola Indonesia, yakni PSSI juga diberikan hukuman oleh AFC.

Baca Juga

1. Tidak Menyerahkan Formulir

Skuat Sriwijaya FC.

Dalam hal ini PSSI tidak menyerahkan formulir laporan 48 jam sebelum pertandingan persahabatan internasional antara Sriwijaya FC dengan klub Malaysia Flecra. Sebagaimana diketahui, laga uji coba itu berlangsung pada 15 Maret 2018.

"Asosiasi Sepak Bola Indonesia diperintahkan membayar denda sebesar 1000 USD, karena melanggar Pasal 13.2 bersama pasal 13.4 dari Peraturan AFC yang Mengatur Pertandingan Internasional," tulis AFC dalam rilisnya.


2. Tenggat Waktu 30 Hari

Logo PSSI.

PSSI diminta menyelesaikan kewajiban dalam waktu 30 hari sejak tanggal keputusan dikomunikasikan sesuai Pasal 11.3 Kode Disiplin dan Etik AFC. Ada sanksi lebih berat jika pengulangan dilakukan.

"Asosiasi Sepak Bola Indonesia diinformasikan bahwa pelanggaran berulang terhadap ketentuan ini akan diberikan hukuman lebih berat," jelasnya.


3. Langgar Aturan Laga Internasional

Kepengurusan PSSI Periode 2016-2020.

PSSI dihukum denda sebesar 1000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp13,9 juta. PSSI dianggap melanggar Pasal 13 Peraturan AFC yang mengatur pertandingan Internasional.

Persija JakartaJoko DriyonoExco PSSIBola InternasionalRatu TishaDaryono

Berita Terkini