x

5 Calon Top Skor Piala AFF 2018, Striker Indonesia Masuk Daftar

Kamis, 1 November 2018 07:19 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Juni Adi
LOGO PIALA AFF

INDOSPORT.COM - Dalam sebuah pagelaran suatu turnamen, selain menjadi juara dan pemain terbaik, gelar topskor atau pencetak gol terbanyak telah menjadi gelar bergengsi bagi seorang pemain. Akan sangat menarik melihat siapa pemain yang akan menjadi topskor Piala AFF 2018 setelah pemenang edisi sebelumnya harus absen.

Gelar top skor di Piala AFF 2016 lalu jatuh pada penyerang Thailand, Teerasil Dangda, Tetapi di tahun. Dangda tidak akan bisa mengikuti Piala AFF karena harus absen, kemungkinan topskor Thailand itu dipersiapkan untuk Piala Asia tahun depan.

Baca Juga

Alhasil gelar topskor menjadi terbuka untuk siapapun penyerang tajam dari setiap peserta Piala AFF 2018. Tak terkecuali para penyerang pelapis Thailand yang selama ini berada di bawah bayang-bayang Teerasil Dangda.

Meski Timnas Indonesia hanya membawa 2 penyerang saja, bukan tidak mungkin satu penyerang yang akan dijadikan andalan di setiap laganya dapat menjadi topskor turnamen seperti yang dilakukan oleh Ilham Jaya Kesuma di Piala AFF 2004.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 5 calon topskor Piala AFF berdasarkan situs resmi AFF Suzuki Cup 2018


1. Adisak Kraisorn

Skuat Timnas Thailand.

Hingga saat ini masih belum jelas siapa yang akan menjadi pengganti Teerasil Dangda menjadi penyerang utama. Meski begitu, banyak pengamat memprediksi Adisak Kraisorn akan mengemban tugas sebagai mesin gol Thailand yang baru.

Baca Juga

Itu dikarenakan Adisak telah menjadi pemain Thailand sejak Piala AFF 2014, artinya ia lebih memiliki pengalaman dibanding yang lainnya. Dilansir dari Transfermarkt, Adisak telah mencatatkan 8 gol selama membela Timnas Thailand selama ini.

Capaian itu tentu diharapkan oleh warga Thailand bisa bertambah dan membawa negeri gajah putih hattrick juara Piala AFF 2018. Lepas dari itu semua, Adisak memang sosok penyerang yang dingin dan klinis sehingga layak untuk menggantikan Teerasil Dangda.

Chan Vathanaka

Pemain Timnas Kamboja, Chan Vathanaka.

Jangan pernah meremehkan Kamboja untuk tahun ini karena mereka sudah miliki sosok haus gol dalam diri Chan Vathanaka. Bisa dikatakan ia adalah pemain terbaik diantara seluruh skuat Kamboja untuk saat ini di Piala AFF 2018.

Pengalamannya yang pernah bermain di liga Jepang dan Malaysia juga akan menjadi tambahan kekuatan Kamboja dalam mengarungi turnamen paling bergengsi di Asia Tenggara. Catatan 12 golnya untuk Kamboja juga bisa menjadi referensi bagi tim lain untuk mengawasi talenta terbaik Kamboja ini.

Baca Juga

Bukti lain mengapa pemain ini bisa menghadirkan kejutan bagi Kamboja adalah saat Piala AFF 2016. Ketika itu Vathanaka nyaris membawa Kamboja menahan tim kuat macam Malaysia dengan catatan dua golnya.


2. Nguyen Anh Duc

Skuat Vietnam

Vietnam tampaknya kehilangan betul sosok Le Cong Vinh sebagai penyerang utama tim dalam mendulang banyak gol. Buktinya terakhir kali Vietnam menjadi yang terbaik di Asia Tenggara adalah ketika Le Cong Vinh masih menjadi andalan di tim.

Baca Juga

Kini Le Cong Vinh tidak akan bermain di Vietnam sehingga mereka membutuhkan sosok penyerang haus gol lainnya. Pada akhirnya penyerang tajam itu ada pada Nguyen Anh Duc yang berusia 33 tahun.

Pengalaman dan sentuhannya yang klinis diyakini akan menghasilkan banyak gol bagi Vietnam. Tetapi itu semua membutuhkan satu syarat, yaitu suplai bola dari lini tengah tidak boleh putus dan harus memanjakan Nguyen Anh Duc.

Phil Younghusband

Kapten timnas Indonesia Firman Utina (kanan) mendapat kawalan ketat dari striker Filipina Philip Younghusband.

Pemain yang di masa kecilnya mengenyam pendidikan bermain bola di Chelsea itu telah menjadi anadalan Filipina sejak Piala AFF 2010. Dan kini Phil Younghusband kembali akan menjadi andalan untuk membawa pulang trofi Piala AFF untuk pertama kalinya bagi Filipina.

Lini pertahanan Indonesia tentu sudah hapal dengan Younghusband karena kerap bertemu di Piala AFF. Bahkan dalam dua pertemuan terakhir Indonesia dengan Filipina, Phil Younghusband selalu mampu mencetak gol ke gawang Indonesia.

Baca Juga

99 penampilan dan 51 golnya telah membuat Phil Younghusband menjadi pemain Filipina yang paling banyak bermain dan mencetak gol. Ketajaman dan eksekusi bola mati menjadi andalan dari pemain yang memiliki saudara kandung di Filipina itu.


3. Alberto ‘Beto’ Goncalves

Selebrasi striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves usai membobol gawang Hongkong

Pemain naturalisasi Indonesia ini adalah andalan dari sejumlah minimnya penyerang lokal yang berkualitas oleh Indonesia. Pemain yang sudah memasuki masa senja ini mengingatkan kita akan Christian Gonzales yang menjadi andalan di Piala AFF 2010 dan berhasil mencapai final.

Baca Juga

Alberto ‘Beto’ Goncalves adalah sosok penyerang tua yang sudah membuktikan dirinya akan menjadi penyerang utama Timnas Indonesia. Dalam ajang Asian Games, Beto telah mencetak sejumlah gol penting yang membawa Indonesia melaju hingga babak 16 besar.

Dalam pertandingan uji coba terakhir, Beto sudah berhasil membuat gol saat berjumpa dengan Myanmar dan Hong Kong. Artinya Beto tampaknya sudah siap untuk menjadi mencetak banyak gol bagi Timnas Indonesia.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

ThailandBeto GoncalvesTimnas IndonesiaBola InternasionalPhilip YounghusbandPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini