x

Tak Selamanya Pelatih Berlabel Timnas Indonesia Bisa Sukses di Liga 1

Minggu, 30 Juni 2019 21:02 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Resmi Shopee Liga 1 2019. Foto: ShopeeLiga1

INDOSPORT.COM – Pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia akan selalu dipandang sebagai sosok yang sangat terhormat, tapi ternyata tak selamanya mereka bisa sukses di ajang Shopee Liga 1.

Menjadi seorang pelatih Timnas merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena itu artinya ia dipercaya oleh seluruh rakyat di Negara tersebut. Di Timnas Indonesia sendiri, posisi pelatih begitu dihormati dan sebagai bentuk representasi karier.

Baca Juga

Representasi bahwa kepiawaiannya sebagai pelatih telah diakui di tingkat nasional. Oleh karena itu, ketika ada mantan pelatih Timnas Indonesia yang menangani klub di tingkat Liga 1, pasti publik akan berekspektasi bahwa mereka akan meraih sukses.

Baca Juga

Namun realitanya tak selamanya pelatih dengan embel-embel mantan Timnas Indonesia dapat meraih akhir manis di Liga 1. Setidaknya, di awal Liga 1 2019 kali ini, fenomena mantan pelatih Timnas Indonesia belum tentu sukses sudah terjadi.


1. Label Timnas Indonesia Bukan Jaminan Sukses di Liga 1

Luciano Leandro adalah salah satu pelatih yang telah mundur dari Liga 1 bersama 3 pelatih lainnya yang berlabel Timnas Indonesia. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

Setidaknya hingga pekan keenam Liga 1 2019, sudah terdapat 4 pelatih yang mundur dari klubnya. Di mana 3 di antaranya merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia tapi mereka belum mampu menunjukan kepiawaiannya di Liga 1 sehingga terdepak.

Ivan Kolev

Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia

Pertama ada Ivan Kolev yang mundur dari Persija Jakarta setelah menjalani 3 laga di Liga 1 2019. Ivan Kolev meninggalkan Persija Jakarta yang masih terperangkap di papan bawah dengan catatan belum pernah menang di Liga 1 2019.

Padahal Ivan Kolev berstatus sebagai mantan pelatih Timnas Indonesia yang sukses membawa pulang gelar juara kedua dalam ajang Piala AFF 2002. Selain itu, Ivan Kolev juga memimpin Timnas Indonesia nyaris lolos dari babak grup Piala Asia 2007.

Jacksen F. Tiago

Mantan Pelatih Barito Putera, Jacksen Fereira Tiago.

Kedua ada Jacksen F. Tiago yang juga mundur dari Barito Putera setelah menelan sejumlah hasil buruk di Liga 1 2019. Jacksen F. Tiago meninggalkan Barito Putera dengan kondisi berada di papan bawah dengan tanpa meraih satupun kemenangan di Liga 1 2019.

Padahal Jacksen pernah menangani Timnas Indonesia pada tahun 2013 lalu dalam ajang kualifikasi Piala Asia. Pada saat itu pencapaian yang cukup membanggakan adalah saat Timnas Indonesia sukses menahan imbang tim kuat, China dengan skor 1-1.

Aji Santoso

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso.

Terakhir ada Aji Santoso yang baru saja mundur dari Persela Lamongan yang masih tersangkut di papan bawah. Aji Santoso memang lebih banyak menangani Timnas Indonesia U-23, tapi pernah sekali peristiwa ia didapuk menangani tim senior.

Tepatnya pada 2012 lalu, Aji Santoso didapuk menggantikan Wim Rijsbergen untuk melatih Timnas Indonesia. Satu pertandingan yang tidak akan dilupakan saat dilatih Aji Santoso adalah ketika Timnas Indonesia dihajar 10 gol tanpa balas dari Bahrain pada 29 Februari 2012.

Tiga pelatih yang sudah disebutkan tadi menjadi contoh bahwa pengalaman melatih Timnas Indonesia bukan jaminan bakal sukses di Liga 1. Justru kini ada sebuah fenomena baru di mana mantan klub Liga 1 yang didapuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Pelatih yang Sukses di Liga 1 Dipromosikan ke Timnas Indonesia

Simon McMenemy dan ilustrasi formasi 3-43

Sebagai contoh adalah Simon McMenemy yang sukses menjadi juara Liga 1 2017 bersama Bhayangkara FC justru kini jadi pelatih Timnas Indonesia.

Tak sampai di situ, Stefano Cugurra Teco yang jadi juara Liga 1 2018 juga sempat masuk dalam bursa calon pelatih Timnas Indonesia. Sehingga pada akhirnya, mantan pelatih Timnas Indonesia belum tentu akan sukses di Liga 1.

Tapi pelatih yang sukses di Liga 1 biasanya akan mendapat promosi ke Timnas Indonesia.

Barito PuteraPersija JakartaAji SantosoPersela LamonganPelatihTimnas IndonesiaIvan KolevJacksen F. TiagoLiga IndonesiaSimon McMenemyBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini