x

Profil Klub Liga Primer Inggris 2019/20: Aston Villa, Tim Promosi yang Hamburkan Rp2 Triliun

Rabu, 7 Agustus 2019 16:29 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Profil Tim Aston Villa.

INDOSPORT.COMAston Villa pulang ke Liga Primer Inggris setelah terdegradasi pada musim 2016/2017. The Villans kini siap menjadi villain (musuh) bagi tim-tim lain, termasuk Manchester City dan Liverpool.

Berstatus tim promosi, Aston Villa tidak bisa dipandang sebelah mata. Musim 2019/20 belum dimulai, Aston Villa sudah langsung ‘mengalahkan’ Manchester City dan Liverpool.

Mengalahkan dalam hal belanja pemain. Soal ini, Aston Villa jorjoran membeli amunisi baru agar tidak sekadar menumpang lewat di Premier League 2019/20.

Aston Villa tercatat sebagai klub Premier League dengan pengeluaran terbesar pada bursa transfer musim panas 2019. Total sudah sekitar Rp1,98 triliun dikeluarkan pihak klub untuk belanja 11 pemain.

Baca Juga

Tim sekelas Liverpool saja baru mengeluarkan Rp29,5 miliar untuk belanja pemain, teririt dibandingkan klub-klub Premier League lain.

Kedatangan perusahaan game online top Asia, W88, sebagai sponsor turut menopang finansial Aston Villa. Rekor transfer klub bahkan pecah tahun 2019 ini atas nama Wesley Moraes dar Club Brugge seharga 22 juta pounds (Rp398 miliar).

Di jajaran pelatih, Aston Villa tetap mempertahankan sosok Dean Smith yang flamboyan. Ia akan didampingi legenda Chelsea, John Terry, yang telah memperpanjang kontrak hingga 2021.

John Terry, asisten pelatih Aston Villa
Baca Juga

“Dewan Aston Villa senang dengan kontribusi John Terry di tahun pertamanya sebagai asisten pelatih,” ujar CEO Aston Villa, Christian Purslow, seperti dilansir dari situs berita Reuters.

“Kami mengagumi dedikasi dan komitmennya. Ia bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman bersama pelatih Dean Smith untuk karier kepelatihannya ke depan.”

Aston Villa akan memulai kiprahnya di Liga Primer Inggris 2019/20 menghadapi Tottenham Hotspur, Sabtu (10/08/19), di Stadion Tottenham Hotspur.


1. Bedah Taktik dan Formasi

Selebrasi pemain Aston Villa usai cetak gol ke gawang Derby Coutry di final playoff Divisi Championship, Senin (27/05/19).

Formasi: 4-3-3/4-1-4-1

Kehadiran 11 pemain baru siap menghidupkan skuat Aston Villa di Liga Primer Inggris 2019/20. Dean Smith siap mengombinasikan pemain anyar dan penggawa lawas yang berkontribusi mengangkat tim dari Divisi Championship 2018/19.

Kepergian Glenn Whelan dan Mile Jedinak tidak disesali Dean Smith sebab 11 pemain baru akan menambah kedalaman skuat Aston Villa.

Dean Smith punya dua formasi yang mungkin dipakai di Premier League musim 2019 ini. Ia bisa bermain menyerang dengan formasi 4-3-3 atau tetap mempertahankan pakem 4-1-4-1 seperti saat di Divisi Championship.

Baca Juga
Wesley Moraes Ferreira Da Silva saat masih memperkuat Club Brugge, ditenangkan oleh pelatih Ivan Leko.

Aston Villa berhasil menikung Liverpool untuk mendapatkan kiper Tom Heaton dari Burnley. Pemain yang telah membukukan 200 laga bersama Burnley itu akan memberi rasa nyaman di barisan pertahanan tim.

Posisi fullback kiri Aston Villa akan sangat bertenaga dengan kehadiran Matt Targett dari Southampton. Ia akan didampingi Ahmed Elmohamady yang bersinar di Piala Afrika 2019 bersama Mesir.

Tyrone Mings yang dipermanenkan dari Bournemouth siap diduetkan dengan bek Timnas Inggris U-21, Ezri Konsa, yang baru saja direkrut dari Brentford.

Di lini tengah, Aston Villa bisa menempatkan John McGinn dan Conor Hourihane untuk menjalankan tugas ‘kotor’ dan penyeimbang di lapangan tengah.

Sementara itu, Jack Grealish akan menjadi jenderal di lapangan tengah, baik sebagai pencipta peluang, pembagi bola, atau bahkan pencipta gol. Grealish dan sepatu bututnya musim 2018/19 lalu sukses mengemas 6 gol dan 7 assists.

Pembelian termahal Aston Villa, Wesley Moraes, akan memimpin lini depan The Villans yang bertenaga bersama Trezeguet dan Anwar El Ghazi.

Baca Juga

Skuat Aston Villa di Liga Primer Inggris 2019/20 (per 7 Agustus 2019)

Kiper: Tom Heaton, Lovre Kalinic, Jed Steer, Orjan Nyland

Pemain Belakang: Matt Targett, Tyrone Mings, Ezri Konsa, Bjorn Engels, Ahmed Elmohamady, Neil Taylor, Kortney Hause, Frederic Guilbert, James Chester, James Bree

Pemain Tengah: Jack Grealish, Birkir Bjarnason, Anwar El Ghazi, Conor Hourihane, Jota, Henri Lansbury, Douglas Luiz, John McGinn, Marvelous Nakamba, Trezeguet, Aaron Tshibola

Pemain Depan: Keinan Davis, Jonathan Kodjia, Scott Hogan, Callum O’Hare, Wesley Moraes

Starting Terbaik Aston Villa Liga Primer Inggris 2019-20.

Starting XI: Tom Heaton; Ahmed Elmohamady, Tyrone Mings, Ezri Konsa, Matt Targett; Conor Hourihane, Jack Grealish, John McGinn; Anwar El Ghazi, Wesley Moraes, Anwar El Ghazi


2. Pelatih: Dean Smith

Pelatih Aston Villa, Dean Smith. Foto: premierleague.com

Dean Smith merupakan sosok penting di balik suksesnya Aston Villa kembali ke Liga Primer Inggris. Ia bahkan mengantarkan Aston Villa memecahkan rekor kemenangan terpanjang yang telah bertahan 109 tahun.

Usai promosi, Aston Villa langsung gencar berburu pemain. Sebanyak 11 pemain didatangkan dengan gelontoran dana nyaris Rp2 triliun.

Aston Villa lantas menjalani pramusim dengan gemilang. Dean Smith membawa Aston Villa menang melawan klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig, dengan skor 3-1, Sabtu (03/08/19), di Red Bull Arena.

Dean Smith tidak main-main menghadapi Premier League. Ia siap menantang tim-tim papan atas sekalipun itu Manchester City dan Liverpool.

“Kami tetap maju untuk melawan tim asuhan Pep Guardiola dan Jurgen Klopp. Semua boleh tertawa, tetapi saya ingin mencoba mengalahkan mereka,” ujar Dean Smith kepada laman berita olahraga BBC.

Dean Smith mengaku kekuatan Aston Villa tidak hanya pada belanja pemain. Ia tetap memikirkan taktik yang tepat agar dapat bersaing di Premier League.

Baca Juga

Bintang: Jack Grealish

Pemain Aston Villa, Jack Grealish.

Jack Grealish akhirnya akan menunjukkan pesonanya di Liga Primer Inggris 2019/20. Kapten Aston Villa itu telah lama menjadi incaran banyak klub, namun ia tetap menaruh kesetiaan di usia muda.

Pemain Timnas Irlandia itu menjadi fenomena dengan sepatu bututnya. Dari sepatu ala Shaolin Soccer itu, Grealish banyak mencetak gol dan assist bagi Aston Villa.

Grealish sukses mengemas 6 gol dan 7 assists bagi Aston Villa pada musim 2018/19. Ia akan menjadi kunci permainan Aston Villa di Premier League.

Aston VillaLiga Primer InggrisJack GrealishLiga InggrisBola Internasionalprofil

Berita Terkini