x

5 Negara yang Wakilnya Paling Sering Juara Liga Champions

Sabtu, 25 Juli 2020 13:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kompetisi bergengsi Liga Champions tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi klub-klub dibenua Biru tersebut untuk bisa mendapatkan gelar juara.

INDOSPORT.COM - Kompetisi bergengsi Liga Champions tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi klub-klub dibenua Biru tersebut untuk bisa mendapatkan gelar juara. Terlebih, selain membanggakan tim, mereka juga akan membanggakan negaranya masing-masing.

Namun, saat ini kompetisi Liga Champions sendiri masih dihentikan akibat penyebaran pandemi virus corona yang semakin menyebar luas di daratan Eropa. Terlebih Italia dan Spanyol yang menjadi terdampat paling besar saat awal-awal pandemi ini muncul.

Baca Juga
Baca Juga

Hal ini juga membuat kompetisi akhirnya berhenti sementara waktu. Selain menyebabkan kerugian karena tidak adanya pemasukan dari beberapa pihak untuk tim. Ini juga menjadi kerugian tersendiri bagi negara-negara yang perwakilannya bermain di Liga Champions.

Tetapi, pihak dari UEFA sendiri sudah menentukan bahwa kompetisi Liga Champions akan diselenggarakan kembali. Para tim akan pertanding sejak awal bulan Agustus 2020 mendatang. kali ini masih menyeisahkan beberapa pertandingan di leg kedua babak 16 besar.

Lalu jika di lihat dari awal hingga terlaksananya Liga Champions, negara mana saja yang timnya bermain di kompetisi tersebut dan mendapatkan trofi si kuping besar tersebut? Apakah Italia? Atau Spanyol?

Berikut 5 Negara yang Wakilnya Paling Sering Juara Liga Champions:

1 . Spanyol (18 kali Juara)

Perlu diketahui, Spanyol merupakan negara paling banyak mendapatkan gelar juara Liga Champions. Terhitung mereka berhasil mengumpulkan 18 kali gelar juara dalam 27 penampilannya di kompetisi bergengsi Eropa tersebut.

Tim perwakilan dari Spanyol yang selalu mendapatkan gelar juara Liga Champions amsih di dominasi oleh dua tim, yakni Real Madrid dan Barcelona. Kedua tim ini berhasil menjadi pesaing di negara-negara lain dalam kompetisi tersebut.

Real Madrid berhasil memenangkan 13 kali gelar juara selama mengikuti kompetisi bergengsi di daratan Eropa tersebut. Sedangkan, Barcelona hanya berhasil mengumpulkan 5 gelar juara dalam delapan kali penampilannya di Liga Champions.

2. Inggris (13 Kali Juara)

Negara Inggris merupakan negara yang kedua setelah Spanyol dalam memenangkan kompetisi Liga Champions selama kompetisi tersebut digulirkan. Dari semuanya, mereka berhasil mengumpulkan 13 kali gelar juara dan tersebar di beberapa tim.

Sampai saat ini, baru Liverpool yang berhasil menyumbangkan gelar juara paling banyak, terhitung enam kali mereka meraih trofi si kuping besar. Diposisi kedua di pegang oleh Manchester United dengan tiga kali gelar juara Liga Champion.

Lalu sisa gelar lainnya di pegang oleh tiga tim, seperti Nottingham Forest dengan dua gelar. Chelsea dan Aston Villa masing-masing satu gelar juara. Lalu yang masuk ke final dan meraih runner-up seperti Tottenham Hotspur, Arsenal dan leeds United.

Baca Juga
Baca Juga

3. Italia 12 kali Juara

Italia menjadi negara ketiga yang berhasil mendapatkan gelar juara Liga Champions. Mereka berhasil memenangkan 12 kali gelar juara. Dengan dominasi tiga klub raksasa Serie A Italia, AC Milan, Inter Milan, Juventus.

AC Milan masih menjadi klub yang berkontribusi besar dalam meraih kemenangan terbanyak di Liga Champions perwakilan dari Italia. Rossoneri berhasil mengumpulkan tujuh kali meraih trofi si kuping besar.

Lalu yang kedua adalah Inter Milan, mereka berhasil meraih tiga kali gelar juara Liga Champions pada tahun 1964,1965, dan 2010. Lalu di posisi terakhir dipegang oleh Juventus dengan dua kali meraih trofi pada 1985 dan 1996.


1. Negara yang Wakilnya Paling Sering Juara Liga Champions

Bayern Munchen Juara Liga Champions 2013.

4. Jerman (7 kali Juara)

Meski sering kali mendapatkan gelar juara, klub perwakilan dari negara Jerman tidak bisa menjadi dominisi di kanca Eropa. Mereka hanya mampu mempersembahkan tujuh kali gelar juara dalam 17 penampilannya.

Bayern Munchen menjadi klub perwakilan Jerman yang mempersembahkan banyak gelar juara Liga Champions untuk membanggakan negaranya. Mereka berhasil memenangkan lima kali trofi Si Kuping Besar dengan 10 kali penampilannya.

Lalu dua gelar lainnya di persembahkan oleh Hamburg dan Borusiia Dortmund yang masing-masing menyumbang satu gelar jaura. Dominasi Bayern tidak hanya di Liga Champions, melainkan di Bundesliga Jerman sendiri.

5. Belanda (6 kali Juara)

Dari urutan lima teratas, Belanda menjadi negara kelima yang berhasil menyumbangkan trofi gelar juara Liga Champions dengan mengumpulkan 6 trofi SI Kuping Besar. Dari enam gelar tersebut, terdapat tiga tim yang berhasil menyumbangkannya.

Sampai saat ini Ajax Amsterdam menjadi klub yang paling banyak menyumbangkan gelar juara Liga Champions sejak digulirkannya kompetisi bergengsi Eropa tersebut. Mereka berhasil menyumbang empat trofi.

Setelah itu terdapat dua klub lainnya, yakni Feyenoord dan PSV Eidhoven. Masing-masing klub menyumbang satu gelar juara Liga Champions untuk negara Belanda.

Real MadridManchester UnitedLiverpoolBelandaSpanyolInggrisItaliaJermanBarcelonaLiga ChampionsBayern MunchenAC MilanInter MilanJuventusBorussia DortmundAjax AmsterdamTRIVIASepak BolaBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini