x

5 Kiper Brasil Terhebat Sepanjang Masa, Ada Legenda Inter dan AC Milan

Minggu, 6 September 2020 06:26 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut tersaji lima penjaga gawang terhebat sepanjang masa asal Brasil, di mana dua di antaranya adalah legenda Inter Milan dan AC Milan.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima penjaga gawang terhebat sepanjang masa asal Brasil, di mana dua di antaranya adalah legenda Inter Milan dan AC Milan.

Salah satu elemen paling penting dalam cabang olahraga sepak bola adalah penjaga gawang atau kiper. Kiper memiliki tugas mengamankan gawang dengan seluruh anggota tubuhnya.

Brasil merupakan salah satu negara penghasil kiper terbaik di dunia. Mereka memiliki nama-nama yang mampu menjadi andalan, baik di Timnas Brasil atau di dalam klub masing-masing yang mereka bela.

Baca Juga
Baca Juga

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima penjaga gawang terhebat sepanjang masa asal negeri Samba itu, di mana dua di antaranya adalah mantan Inter Milan dan AC Milan.

1. Marcos

Marcos Roberto Silveira Reis atau Marcos adalah salah satu andalan Timnas Brasil saat mereka berlaga di Piala Dunia 2002. Saat itu, ia menjadi pilihan utama Brasil dan sukses melakukan empat clean sheet serta hanya kebobolan empat kali dalam tujuh laga. Brasil pun sukses jadi juara Piala Dunia 2002.

Selama karier sepak bola seniornya, Marcos hanya membela satu tim, yaitu Palmeiras sejak 1992-2002. Ia juga berhasil meraih banyak gelar individu seperti Copa Libertadores Best Goalkeeper 1999, Copa Mercosur Best Goalkeeper 1999, Campeonato Brasileiro Serie A Goalkeeper of the Year (2008, 2009), dan lain-lain.

2. Julio Cesar

Julio Cesar pernah membela raksasa Serie A Liga Italia, Inter Milan, pada 2005-2012. Bersama Inter atau Nerazzurri, Cesar juga mulai merasakan sensasi menjuarai kompetisi akbar Liga Champions, yaitu pada 2009-2010 di bawah arahan Jose Mourinho. Bisa dikatakan, Inter adalah karier tersuksesnya saat masih aktif bermain.

Hebatnya lagi, Julio Cesar menjadi satu dari tiga kiper Brasil yang pernah masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or (bersama Dida dan Alisson Becker). Ia juga sukses mencetak rekor sebagai kiper yang paling lama tidak kebobolan di Timnas Brasil, yaitu selama 581 menit di Kualifikasi Piala Dunia 2010.


1. Kiper Brasil Terbaik Sepanjang Masa

Nelson Dida (kanan), kiper legendaris AC Milan dari Brasil.

3. Dida

Nama Nelson de Jesus Silva atau Dida mulai bersinar ketika ia membela klub Serie A Liga Italia, AC Milan, selama 10 tahun, yaitu pada 2000-2010. Sama seperti rekannya, Julio Cesar, Dida juga telah merasakan gelar juara Liga Champions bersama Rossoneri. Tak tanggung-tanggung, ia meraihnya dua kali, yaitu pada 2002-2003 dan 2006-2007.

Sebenarnya, Dida juga diboyong untuk ikut serta membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. Namun, saat itu ia hanya menjadi pelapis Marcos. Ia justru mulai jadi andalan ketika selepas Piala Dunia 2002. Secara individu, Dida telah banyak meraih gelar pribadi, seperti Kiper Terbaik IFFPro 2005.

4. Alisson Becker

Alisson Becker saat ini menjadi andalan raksasa Liga Inggris, Liverpool. Ia mulai merapat ke Anfield pada 2018 yang lalu, usai meninggalkan klub tenar Serie A Liga Italia, AS Roma. Alisson dinilai merupakan penjaga gawang terhebat dunia di era sekarang, bersanding dengan nama lain seperti Manuel Neuer dari Timnas Jerman.

Alisson Becker sendiri pernah mengungkapkan bahwa gaya permainannya terinspirasi dari mantan kiper Barcelona, Victor Valdes. Alisson dikenal dengan keberaniannya meninggalkan post gawang untuk menghalau bola. Ia pun memiliki kecakapan melakukan sweeping dengan kedua kakinya.

Baca Juga
Baca Juga

5. Ederson

Ederson Santana de Moraes atau Ederson adalah kiper kebanggaan Manchester City dari Liga Inggris. Saat ini, ia baru berusia 27 tahun dan baru membela Timnas Brasil sejak 2017 yang lalu. Meski terkesan masih 'amatir' di kancah internasional, tapi Ederson ternyata tampil sangat menjanjikan.

Ederson memiliki kemampuan yang membuat Manchester City atau The Citizens jatuh hati padanya, seperti fisik yang sangat kuat, kelincahan dalam menghalau bola, jagonya menyelamatkan tendangan penalti, dan memiliki kedua kaki yang seimbang dan sama-sama bisa dimaksimalkan dengan baik.

Itulah lima penjaga gawang terhebat di dunia sampai hari ini dari Brasil. Dari sini, kita bisa melihat bahwa Negeri Samba ternyata memang gudangnya pemain-pemain hebat. Selain posisi kiper, Brasil zaman modern juga terkenal dengan Philippe Coutinho, Neymar, David Luiz, dan lain-lain.

LiverpoolJulio CesarBrasilManchester CityAC MilanInter MilanNelson DidaPalmeirasBola InternasionalEdersonAlisson BeckerSepak Bola

Berita Terkini