x

Colek Jakmania, Penyerang Jangkung Rusia Lempar Kode Balikan dengan Persija?

Sabtu, 5 Maret 2022 05:38 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Eks pemain Persija, Yevgeny Kabayev baru-baru ini terlihat berinteraksi dengan Jakmania di media sosial Instagram, apakah ini pertanda sang penyerang balikkan?

INDOSPORT.COM - Mantan Pemain Persija Jakarta, Yevgeny Kabayev, baru-baru ini terlihat berinteraksi dengan Jakmania di media sosial Instagram, apakah ini pertanda sang penyerang ingin kembali ke Indonesia?

Klub kebanggaan ibukota, Persija Jakarta, sempat diisi dengan beberapa pemain asing asal Eropa. Ada beberapa pemain asal benua biru, terutama dari bagian timur yang membela klub berjuluk Macan Kemayoran.

Persija sempat kental dengan aroma Moldova, dengan munculnya pelatih seperti Serghei Dubrovin dan Arcan Iurie. Selain itu, ada kiper nyentrik, Evgheny Khamaruk yang sempat menarik perhatian penonton dengan aksi menawannya.

Selang beberapa tahun kemudian muncul bek asal Estonia, Martin Vunk, dan penyerang asal Rusia, Yevgeny Kabayev yang menjadi andalan dari Persija Jakarta.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, keduanya tidak bertahan lama dan hanya tampil pada musim 2014-2015. Era pemain Eropa di Persija pun bertahan cukup lama sampai hadirnya penyerang tajam asal Kroasia, Marko Simic.

Penyerang yang sempat menjadi anggota timnas U-21 Kroasia ini sampai sekarang masih menjadi andalan bagi Macan Kemayoran.

Baca Juga
Baca Juga

Namun demikian, baru-baru ini salah seorang mantan pemain Persija Jakarta, Yevgeny Kabayev muncul menyapa dalam sosial media.

Sang pemain muncul memberikan komentar dalam salah satu unggahan di akun Instagram @Indosportcom mengenai jejak negara Rusia di sepak bola Indonesia.


1. Pemain Rusia Ramaikan Sepak Bola Indonesia

Mantan Pemain Persija Jakarta, Evgeni Kabaev.

Memang, para aktor sepak bola asal Rusia sempat meramaikan jagat sepak bola. Salah satunya adalah pelatih asal Rusia, Anatoli Polosin, yang sempat menangani Timnas Indonesia  pada 1987-1991.

Sang pelatih dikenal memiliki metode latihan ala Eropa Timur yang cukup keras dan beberapa kali diceritakan oleh mantan pemain timnas Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, jejak lain dari sepak bola Rusia muncul dari pemain asing, Sergei Litvinov yang sempat membela beberapa klub Indonesia.

Mantan pemain Solo FC ini pernah mengalami kejadian tak mengenakkan di Indonesia karena gajinya tak kunjung dibayarkan.

Baca Juga
Baca Juga

Lantaran hal itu, Litvinov kemudian berjualan jus demi bisa menyambung hidup. Selepas itu, sang pemain sempat mendapatkan bantuan dari Julia Perez untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan kembali ke Rusia.


2. Evgheny Kabaev Komentari Jakmania

Mantan Pemain Persija Jakarta, Evgeni Kabaev.

Namun demikian, Litvinov kembali lagi ke Indonesia setelah digugat cerai oleh sang istri untuk mengadu nasib. Dia sempat meluncurkan lagu Bule Cinta Indonesia dan bermain di beberapa sinetron.

Baca Juga
Baca Juga

Litvinov juga telah menjadi mualaf setelah mendapatkan hidayah pada 2017 silam. Sementara itu, Yevgeny Kabayev sempat memberikan komentar dalam akun instagram @Indosportcom.

“Persija #Jakmania persija come on have to be first” tulis Kabaev.

Baca Juga
Baca Juga

Komentar ini kemudian membuat salah satu Jakmania muncul dan memberikan sentilan kepada sang pemain.

@dikdty_@kabaev_evgheny uraa Jakmania always support Russia!!!

Komentar ini pun sempat dibalas oleh Yevgeny Kabaev dengan mengucapkan terima kasih disertai dengan beberapa emoji. “Thanks” tulis Evgheny Kabaev.

Persija JakartaThe JakmaniaYevgeni KabaevLiga Indonesia

Berita Terkini