x

Pasca Terkena Sanksi Liga 1, Persipura Jayapura Tunjuk Manajer Baru Wajah Lama

Rabu, 9 Maret 2022 17:35 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
Situasi pertandingan PSIS Semarang vs Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1.

INDOSPORT.COM - Manajemen klub Liga 1, Persipura Jayapura mengambil respons cepat pasca dijatuhi sanksi oleh Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Rabu (09/03/22). 

Seperti diketahui, Persipura baru saja mendapatkan sanksi berat berupa kekalahan  WO (0-3) dari Madura United, pengurangan tiga poin, dan denda sebesar Rp250 juta karena tak bertanding kontra Madura United. 

Imbas yang sama, manajer Persipura, Ridwan Bento Madubun juga terkena sanksi berupa larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama 12 bulan dan denda sebesar Rp50 juta.

Baca Juga
Baca Juga

Manajemen Persipura lantas menunjuk kembali Rudy Maswi sebagai manajer. Rudy Maswi merupakan mantan manajer Persipura selama belasan musim yang akhirnya digantikan oleh Bento Madubun.

Selain menunjuk kembali Rudy Maswi sebagai manajer, manajemen Persipura akan mengajukan banding terhadap sanksi tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

"Tadi kami sudah terima surat dari Komisi Disiplin PSSI, terkait keputusan mereka, ada dua surat keputusan, yaitu kepada tim dan kepada manajer. Kepada tim keputusannya kalah 0-3 atas Madura United, dikurangi tiga poin, dan denda Rp 250 juta. Kepada manajer tim, sanksi 12 bulan dan denda Rp 50 juta," kata Ketua Umum klub Persipura, Benhur Tomi Mano.


1. Manajer Sementara

Jacksen F. Tiago saat berbincang dengan Manajer Persipura Jayapura, Rudy Maswi, ketika dirinya menyempatkan diri menyambangi skuat Persipura, usai tiba di Kota Jayapura

"Saya sudah sampaikan kepada manajemen bahwa kita sudah terima suratnya dan kita akan lakukan banding ke Komite Banding PSSI atas kedua keputusan tersebut."

"Secara internal, posisi manajer tim akan diserahkan kepada Pak Rudy Maswi," tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Tomi Mano meminta kepada tim Persipura untuk tetap fokus menatap pertandingan sisa tanpa terpengaruh oleh sanksi tersebut. Pasalnya, Persipura butuh kemenangan untuk keluar dari zona degradasi.

"Siang tadi Pak Rudy Maswi dan Pak Sekretaris umum sudah berangkat ke Bali, selanjutnya sambil menunggu proses banding, saya minta tim tetap fokus dan jalani pertandingan sisa dengan sangat serius, seluruh pertandingan adalah final."

Baca Juga
Baca Juga

"Wajib menang semuanya supaya bisa memastikan posisi aman, tidak ada yang mustahil, terus berjuang dengan gigih dan keras," tekannya.


2. Denda yang Merugikan Persipura

Skuat Persipura saat menjalani latihan di Bali. Foto: Sudjarwo/Indosport.com

Komisi disiplin (Komdis) PSSI telah merilis hasil sidang perihal sanksi yang dijatuhkan kepada Persipura Jayapura buntut dari ketidakhadiran mereka dalam laga kontra Madura United.

Hasil sidang Komdis PSSI tanggal 8 Maret itu telah dirilis secara resmi di website milik PSSI, Rabu (09/03/22) siang.

Dalam keputusannya, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi kepada Persipura berupa kekalahan WO (0-3) dari Madura United, pengurangan tiga poin dan denda sebesar Rp250 juta. 

Tak hanya Persipura, manajer mereka, Arvydas Ridwan Bento Madubun juga dikenakan sanksi larangan beraktivitas selama 12 bulan dan denda sebesar Rp 50 juta, dengan jenis pelanggaran tidak hadir di tempat pertandingan dan menolak untuk bertanding kontra Madura United, serta disebut berperan aktif menganjurkan dan / atau menyuruh tim untuk tidak hadir dalam pertandingan tersebut.

Selain itu, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) juga ikut dijatuhi sanksi karena dianggap tidak menjalankan regulasi BRI Liga 1 tahun 2021/2022 pada laga Persipura vs Madura United. 
 

Persipura JayapuraLiga IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2021BRI Liga 1 2021-2022

Berita Terkini