x

Adu Statistik Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia vs Vietnam

Kamis, 10 Maret 2022 15:05 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Adu Statistik Calon Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia vs Vietnam, Mulyadi Emil Audero dan Filip Nguyen. Giuseppe Bellini/Getty Images

INDOSPORT.COM - Dua raksasa Asia Tenggara yakni Timnas Indonesia dan Vietnam bakal mendapatkan tambahan amunisi pemain naturalisasi di sektor penjaga gawang.

Seperti diketahui, saat ini PSSI masih menunggu jawaban dari kiper Sampdoria yaitu Emil Audero Mulyadi apakah bersedia memperkuat Timnas Indonesia atau tidak.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian Vietnam justru tengah mendapatkan kabar baik soal rencana untuk melakukan naturalisasi kepada kiper asal Ceko bernama Filip Nguyen.

Kiper berusia 25 tahun itu dikabarkan tertarik untuk berkompetisi di Liga Vietnam musim depan karena kontraknya bersama Slovan Liberec habis pada Juni 2022.

Klub raksasa Vietnam, Binh Dinh, dikabarkan siap untuk merekrut Filip Nguyen dan akan membantu proses naturalisasi menjadi warga negara Vietnam.

Baca Juga
Baca Juga

Proses perpindahan warga negara bakal dikebut supaya sang kiper bisa bermain untuk ajang Piala AFF 2022 mendatang menghadapi Timnas Indonesia.

Bila Emil Audero Mulyadi dan Filip Nguyen sukses dinaturalisasi, maka kualitas sepak bola di ASEAN akan semakin bertambah. Pasalnya, mereka sama-sama punya pengalaman bermain di kompetisi Eropa.

Namun diantara mereka berdua, siapa yang memiliki statistik lebih unggul?


1. Emil Audero Mulyadi

Kiper Sampdoria asal Italia kelahiran Mataram, Lombok, NTB, Indonesia, Emil Audero Mulyadi.

Emil Audero Mulyadi bergabung ke Sampdoria sejak bursa transfer musim panas 2019 lalu. Ia dibeli oleh Sampdoria dari Juventus dengan mahar Rp347 miliar.

Menurut situs Tansfermarkt, Emil Audero Mulyadi telah melakukan 30 cleansheet dari 134 penampilan bersama Sampdoria selama empat tahun terakhir di semua ajang.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian di musim ini, kiper berdarah Indonesia dan Italia itu sudah tampil sebanyak 20 kali dan membawa Sampdoria bertengger di posisi ke-15 klasemen sementara Serie A Liga Italia.

Rinciannya, ia melakukan tiga cleansheet dan sudah 37 kali kebobolan selama 1.755 menit. Kiper berusia 25 tahun itu sempat menjadi kiper utama Sampdoria di paruh pertama musim 2021-2022.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, Emil Audero sempat mendapatkan cedera otot perut pada awal 2022 lalu. Kondisi yang belum fit membuatnya belakangan ini kerap menjadi penghias bangku cadangan Sampdoria.

Bila melihat harga pasarnya saat ini, Emil Audero memiliki nilai jual senilai Rp208 miliar.


2. Filip Nguyen

Calon kiper Timnas Vietnam, Filip Nguyen.

Saat ini Filip Nguyen bergabung bersama klub kasta tertinggi Liga Ceko, FC Slovacko. Ia dikontrak dengan status pinjaman hingga akhir musim 2021-2022 dari Slovan Liberec.

Filip Nguyen hampir saja tampil di Liga Konferensi Eropa 2021-2022. Sayangnya di babak kedua kualifikasi, FC Slovacko kalah dari klub asal Bulgaria, Lokomotiv Plovdiv.

Baca Juga
Baca Juga

Di kompetisi kasta tertingi Liga Ceko musim 2021-2022, kiper berusia 29 tahun tersebut telah diberikan kesempatan bermain sebanyak 21 kali dengan kebobolan 23 gol, delapan clean sheet dalam 1833 menit.

Meski selalu menjadi andalan di FC Slovacko, Soha.vn mengklaim kalau kiper berusia 29 tahun tersebut siap untuk bermain di kompetisi Vietnam.

Klub raksasa Vietnam, Binh Dinh, dikabarkan ingin merekrut Filip Nguyen yang kontraknya di Slovan Liberec bakal habis pada Juni 2022 mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Mereka juga siap untuk membantu proses naturalisasi agar Filip Nguyen juga bisa memperkuat Timnas Vietnam. Proses perpindahan warga negara bakal dikebut supaya sang kiper bisa bermain untuk ajang Piala AFF 2022 mendatang menghadapi Timnas Indonesia.

Bila melihat harga pasarnya saat ini, Filip Nguyen memiliki nilai jual senilai Rp11 miliar.


3. Siapa Lebih Unggul?

Aksi penyelamatan Mulyadi Emil Audero pada laga melawan Empoli di Stadio Carlo Castellani. Gabriele Maltinti/Getty Images

Bila melihat catatan soal penampilan, kebobolan dan clean sheet pada musim kompetisi 2021-2022, Filip Nguyen memang lebih unggul. Namun hal itu terjadi karena dirinya bermain di kompetisi Liga Ceko.

Baca Juga
Baca Juga

Kompetisi Liga Ceko masih jauh secara kualitas dibandingkan dengan Serie A Liga Italia. Emil Audero Mulyadi merupakan kiper utama Sampdoria, hanya saja di paruh kedua ia menjadi cadangan karena sempat mendapatkan cedera.

Baca Juga
Baca Juga

Bila melihat soal harga pasar, Emil Audero Mulyadi unggul sangat jauh dibanding Filip Nguyen. Ia memiliki nilai jual senilai Rp208 miliar dan kiper berdarah Vietnam itu hanya Rp11 miliar saja.

VietnamNaturalisasiEmil Audero MulyadiTimnas IndonesiaFilip Nguyen

Berita Terkini