x

5 Pemain yang Dipastikan Pergi 'Terpaksa' dari Chelsea Usai Dapat Sanksi

Jumat, 11 Maret 2022 17:43 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Chelsea, Lewis Hall di laga Chelsea vs Chesterfield.

INDOSPORT.COM - Lima pemain Chelsea bernasib sial karena mereka berpotensi hengkang setelah kontraknya tak bisa diperbarui akibat klub mendapat sanksi dari pemerintah Inggris.

Klub Liga Inggris, Chelsea, saat ini tengah diterpa nasib buruk setelah sang pemilik Roman Abramovich mendapat sanksi dari Pemerintah Inggris.

Sanksi itu diberikan setelah negara asal Roman Abramovich, Rusia, melakukan invasi militer ke Ukraina. Selan itu, isu kedekatan sang taipan dengan Presiden Vladimir Putin juga menjadi salah satu faktornya.

Baca Juga

Pemerintah Inggris sendiri merupakan salah satu negara yang menentang invasi Rusia ke Ukraina bersama beberapa negara barat lain, seperti Jerman, Prancis hingga Amerika Serikat.

Maka dari itu sejumlah aset Roman Abramovic yang berada di wilayah Inggris telah dibekukan, termasuk klub sepak bola Chelsea. 

Alhasil, Roman Abramovich tidak bisa melakukan keputusan yang diinginkannya yaitu menjual The Blues demi kebaikan klub.

Rencananya Roman Abramovich akan melepas Chelsea di harga 3 miliar poundsterling atau sekitar Rp57 triliun. 

Baca Juga

Akan tetapi karena status asetnya sudah dibekukan oleh pemerintah Inggris, maka Abramovich dipastikan tidak akan bisa menjual Chelsea ke pihak manapun.

Selain itu Chelsea juga tidak diizinkan melakukan aktivitas transfer pemain di jendela bursa transfer musim panas nanti. Baik menjual ataupun membeli pemain baru.

Chelsea juga dilarang menjual merchandise dan hal yang sifatnya memberikan keuntungan bagi Abramovich. Padahal ada 10 orang peminat yang tertarik membeli Chelsea.

Baca Juga

Kendati demikian, Pemerintah Inggris bukan tanpa solusi meski mereka sudah memberikan sanski.

Solusinya adalah Abramovich harus menyerahkan kepemilikan Chelsea seluruhnya kepada pemerintah Inggris untuk dijual.

Nantinya uang penjualan akan diberikan ke badan amal yang disalurkan untuk korban perang di Ukraina. Hal tersebut tentu tidak menguntungkan pihak Abramovich.

Sebab jika ia sepakat dengan solusi yang ditawarkan, maka pengusaha berusia 55 tahun itu akan mengalami kerugian sangat besar.

Abramovich tidak akan mendapat keuntungan sepeserpun dari penjualan aset klub sepak bola yang sudah dibiayainya sejak 2003.

Sedangkan jika Abramovich tidak sepakat dan segera dijual, maka bukan tidak mungkin The Blues akan mengalami kebangkrutan.

Saat in saja, Chelsea sudah kehilangan sejumlah pemasukan, karena banyaknya sponsor yang mulai hengkang satu per satu.

Kondisi itu membuat juara bertahan Liga Champions itu berpeluang gagal menyelesaikan kompetisi musim ini karena masalah finansial.

Padahal Chelsea tengah berjuang untuk merebut tiga gelar yakni Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Terlepas dari adanya sanksi yang dijatuhkan pemerintah Inggris untuk Chelsea.

Beberapa pemain bisa semakin yakin untuk hengkang akhir musim nanti.

Terutama bagi mereka yang kontraknya akan segera habis, karena pihak Chelsea tak bisa menahan dengan memberikan kontrak baru untuk para pemain tersebut akibat sanksi ini.

Lantas siapa saja pemain yang terpaksa harus segera hengkang dari Chelsea? berikut daftarnya.


1. Andreas Christensen

Selebrasi Andreas Christensen di laga vs Malmo FF (21/10/21).

Masa depan yang abu-abu tengah dialami oleh Andreas Christensen di Chelsea. Kontraknya yang akan segera berakhir pada Juni 2022 nanti, belum ada tanda-tanda akan diperpanjang.

Padahal bek asal Denmark itu tampil apik bersama Chelsea dalam beberapa musim terakhir, apalagi sejak klub dilatih Thomas Tuchel.

Baca Juga

Musim lalu, ia menjadi salah satu pemain kunci Chelsea saat memenangkan gelar Liga Champions. Ia tampil memukau saat melawan Real Madrid di babak semifinal.

Ia pun dipercaya tampil di final dan ikut mempersembahkan trofi si kuping besar usai mengalahkan Manchester City.

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger hanya jadi pemain yang sering menjadi penghangat bangku cadangan saat Chelsea masih dilatih oleh Frank Lampard.

Baca Juga

Namun setelah klub mendepak Lampard dan menggantikannya dengan Thomas TUchel, Rudiger langsung kembali mendapat kepercayaan tampil di tim utama.

Kepercayaan tersebut dibayar tuntas oleh Rudiger yang tampil apil sebagai bek tengah di sejumlah kompetisi.

Baca Juga

Kontrak pemain berkebangsaan Jerman itu saat ini akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

Ia tengah diminati oleh sejumlah klub, karena masa depannya masih belum pasti di Stamford Bridge.


2. Cesar Azpilicueta

Pemain Chelsea Cesar Azpilicueta dengan penghargaan FIFA fair play usai pertandingan melawan Palmeiras pada pertandingan final Piala Dunia Minggu (13/02/22). FOTO: REUTERS/Matthew Childs

Pemain selanjutnya yang terancam tidak bisa bertahan main untuk Chelsea adalah Cesar Azpilicueta

Kontrak bek sayap berusia 32 tahun itu akan segera berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang. 

Jika sang pemain tak bisa diberi kontrak baru karena sanski dari pemerintah Inggris, maka akan menjadi sebuah kerugian besar bagi Chelsea.

Pasalnya Azpilicueta masih tampil apik di lini pertahanan Chelsea, dan juga mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus sehingga ia menjabat kapten.

Masa depan yang belum pasti membuat Azpilicueta berpikir untuk pergi. Barcelona disebut-sebut menjadi destinasi pelabuhan baru sang pemain musim depan.

Saul Niguez

Dari nama-nama di atas, nasib Saul Niguez lah yang paling sial. Baru didatangkan dari Atletico Madrid dengan status pinjaman, ia sudah harus terancam dibuang oleh Chelsea.

Chelsea kemungkinan besar tidak bisa mengaktifkan opsi pembelian permanen karena masalah finansial klub akibat sanksi.

Sejauh ini Saul Niguez telah memperkuat Chelsea sebanyak tujuh pertandingan di Liga Inggris 2021/2022. 


3. Charly Musonda Jr

Charly Musonda Jr, gelandang serang muda milik Chelsea.

Terakhir ada Charly Musonda Jr, pemain yang terkena imbang dari larangan Chelsea melakukan aktivitas transfer dimana salah satu poin di dalamnya melakukan perpanjangan kontrak kepada pemain lama.

Kontrak pemain asal Belgia berusia 25 ini juga akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang.

Baca Juga

Meski demikian, situasi ini juga menjadi kesempatan bagi Charly untuk mencoba peruntungan di klub lain mengingat menit bermain yang didapatkan di Chelsea sangat minim.

Pihak Chelsea sendiri sudah buka suara dengan kondisi saat ini. Mereka berharap permasalahan segera selesai.

Dan diberi jaminan aktivitas seperti biasa seperti dibolehkan menggelar pertandingan, membayar gaji pemain, staf pelatih dan juga karyawan hingga akhir musim.

Baca Juga

"Chelsea FC sudah mengetahui bahwa pemilik Roman Abramovich mendapat sanksi dari pemerintah Inggris.

"Seharusnya klub mendapat sanksi yang sama mengingat ini adalah aset yang kepemelikannya dimiliki secara penuh oleh Abramovic.

"Tapi Pemerintah Inggris mengizinkan Chelsea FC untuk beraktivitas seperti biasa," ujar rilis pernyataan resmi Chelsea.

Baca Juga

"Kami akan tetap bermain melawan tim sepak bola pria dan wanita menghadapi Norwich serta West Ham, sekaligus berdiskusi dengan pemerintah Inggris terkait cakupan izin tersebut," sambungnya.

"Kami juga terus meminta arahan dari Pemerintah Inggris terkait dampak hukuman ini kepada Chelsea Foundation dan segala aktivitasnya di lingkungan kami," tutupnya.

ChelseaCesar AzpilicuetaRoman AbramovichLiga InggrisAntonio RudigerTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini